Latest News

CARA MUDAH BELAJAR BAHASA INGGRIS TANPA IKUT KURSUS

Siapa sih yang tidak suka dan tidak happy jika lancar berbahasa Inggris ? kan keren banget kalau bisa ngobrol dengan para bule hehe. Memang bahasa Inggris menjadi bahasa dunia, dimanapun kita berada, bahasa Inggris biasanya akan menjadi ujung tombak andalan untuk berkomunikasi dengan orang lain atau orang yang kita temui. Misalnya nih ya, ketika sedang berlibur ke Negara lain, misal Irlandia. Nah bagaimana mau ngobrol sama orang-orang disana jika kita sendiri tidak bisa berbahasa Inggris ? Bisa menguasai bahasa Inggris akan sangat bermanfaat bagi kita.

Pasti akan banyak yang bertanya ? bagaimana sih caranya agar cepat menguasai bahasa Inggris dengan mudah tanpa harus ikutan kursus atau les atau semacamnya lah ? Banyak cara menuju kesuksesan, asal tekun dan kontinyu, tidak mudah menyerah, pasti tanpa terasa akan berbuah hasil yang maksimal. Begitu juga dengan belajar bahasa Inggris, hasil yang maksimal akan didapatkan jika kemauan belajar sangat tinggi, semangat belajar, tidak mudah menyerah, belajar secara kontinyu dan harus punya keyakinan tinggi bahwa kita memang akan mampu menguasai bahasa Inggris sepenuhnya.
 
cara mudah belajar bahasa inggris tanpa ikut kursus
Bahasa Inggris, sebenarnya sama mudahnya kok dengan bahasa Indonesia hehe. Bahasa Indonesia terasa sangat mudah, karena kita lahir dan tumbuh besar di Negara Indonesia, dari kecil sudah dicekokin bahasa Indonesia, jadi kita pun jadi lancar berbahasa Indonesia. Nah, bagaimana dengan bahasa Inggris ? semua bahasa itu pada dasarnya sama, yakinlah !! jadi jangan takut untuk memulai belajar bahasa Inggris sekarang juga, bahkan mulailah belajar semua bahasa hehe. Bahasa Inggris terasa begitu sulit karena kita tidak lahir dan tumbuh di sebuah negara yang memakai bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya. Mungkin kalau yang merasa dirinya adalah anak keturunan alias blasteran (misal ayah Amerika-Ibu Indonesia) meskipun lahir di Bandung, pasti 99% akan mampu berbahasa Inggris hehe. Iya lah, kan ayahnya dari Amerika, malu-maluin dong kalau nggak bisa bahasa Inggris hehe. Dan saya yakin, yang mampir dan membaca artikel saya sekarang ini pastilah mayoritas mereka-mereka yang belum bisa bahasa Inggris dan ingin bisa cepat menguasai bahasa Inggris. Benar apa benar ?


1. Pengucapan alphabet. Iya, itu mungkin harus saya taruh di nomor teratas. Karena apa ? dengan kita sudahlancar mengucapkan alphabet dalam bahasa inggris, lidah kita juga dengan sendirinya terbiasa dan tidak kikuk lagi mengucap alphabet dari a sampai z, pelajari juga angka-angka, urutan, misal first, second dan seterusnya. Pelajarilah kalimat-kalimat dasar dan kata-kata dasar dulu, misal aku, kamu, dia, kalian, mereka, disana, disini dst. Semakin diasah, semakin tajam dan lancar hehe. Ayo, semangat !

2. Manfaatkan google terjemahan miliknya mbah google ( kalau ini harus ada koneksi internet ). Di google terjemahan atau bahasa kerennya google translate, akan sangat membantu bagi kita yang masih sangat awam berbahasa inggris atau masih awam berbahasa inggris. Misal kita menemukan sebuah kalimat berbahasa Indonesia, nah tinggal kita ketikkan atau copy pastekan ke box google translate, pilih terjemahkan dari bahasa indonesia ke bahasa inggris. Dan tidak cukup itu saja, google translate mendukung begitu banyak bahasa. Jadi bagi yang belum tahu, silahkan dicoba google translate atau google terjemahan dari google. Hal ini pastinya akan sangat membantu kita jika memang sedang dalam proses belajar bahasa inggris.

3. Usahakanlah untuk belajar / menghafal kosakata ( Vocabulary ). Nah, vocabulary ini sangat berperan penting nih dalam bahasa inggris. Kalau biasanya, banyak juga yang menghafal kosakata bahasa inggris dengan cara sering-sering menonton film yang bahasanya menggunakan bahasa inggris. Karena, semakin sering kita mendengar pengucapan dalam bahasa inggris, akan lebih mudah bagi kita menghafalnya. Biasanya dalam film barat akan begitu banyak ditemukan percakapan yang bisa kita manfaatkan untuk mengumpulkan dan menghafal kosa kata. Kalau di internet sih ternyata ada juga situs yang berguna untuk mengetahui pengucapan yang benar dari suatu kata, misalnya thefreedictionary.com dan kamus.net . Untuk tahu dan bagaimana situs itu bekerja, silahkan dikunjungi sendiri yah tinggal klik saja link tadi. Pastinya situs itu sangat berguna bagi kita yang baru dalam tahap belajar bahasa inggris. Dan ini yang penting juga nih, target !! kalian usahakan menentukan target, misalnya dalam 1 minggu kalian harus menghafal 200 kosa kata baru dalam bahasa inggris. Silahkan tentukan sendiri berapa target yang ingin kalian capai. Lebih banyak lebih bagus, dan harus benar-benar kalian usahakan, jangan semau gue saja, nanti hasilnya tidak maksimal hehe. Jika memang seminggu target 200 kosa kata, ya kalian harus benar-benar hafal 200 kosa kata. Disiplin diri sangat penting dalam hal ini.

4. Belilah grammar, lalu dipelajari sampai benar-benar menguasai. Ini sangat penting. Grammar atau dalam bahasa Indonesianya adalah tata bahasa inggris. Sembari kalian menghafalkan kosa kata, kalian bisa juga kok belajar grammar ini. Saat ini sudah banyak sekali yang menjual grammar ini, biasanya sih semakin buku grammer itu tebal, semakin lengkap pula hehe. Iya lah anak kecil juga tahu hehe..makin tipis ya makin kurang lengkap lah. Sebenarnya dalam grammar ini, hal pokok atau garis besarnya sama saja sih, mempelajari mengenai permasalahan waktu sih. Ada past tense( masa lampau atau masa lalu ), present tense ( masa sekarang atau saat ini ) , ada future tense ( masa yang akan datang ) dst. Pokoknya benang merahnya sama lah pada tiap-tiap buku tata bahasa ( grammar ) yang kalian beli, meskipun berbeda - beda dalam sampulnya, atau tebal tipisnya, tetapi garis besarnya sama yaitu membahas masalah waktu.

5. Benar tidak jika saya berkata "bisa karena terbiasa". salah atau benar ? dalam hal ini, saya ingin menekankan bahwa dalam kaitannya dengan bisa karena terbiasa tadi, adalah perbanyaklah membaca artikel yang berbahasa inggris. Entah itu dari internet, koran, majalah, buku, atau bahkan sesobek kertas yang kebetulan nemu di jalan yang ternyata isinya artikel bahasa inggris hehe. Belajarlah sebanyak banyaknya, kapanpun, dimanapun, perbanyak membaca artikel bahasa inggris akan bisa mempermudah kita dalam memahami penulisan dan kalimat dalam bahasa inggris.

6. Cobalah untuk mendownload soal-soal toefl entah itu dalam bentuk MP3 atau dalam bentuk teks, itu juga akan sangat bermanfaat. Cari saja di internet, banyak kok di internet. Saya sangat yakin juga, pasti diantara kalian yang sedang membaca artikel ini, punya keinginan untuk bisa ikutan tes toefl dan bercita-cita mendapatkan score yang tinggi hehe. Maaf kalau saya sok tahu hehe.

7. Iseng-isenglah ngobrol dengan bule hehe. Eh, jangan salah, justru dengan kita mencoba ngobrol langsung dengan para bule, kita akan bisa merasakan sensasi yang lain daripada yang lain, beda kan ? jika kita ngobrol dengan orang yang notabene satu negara dengan kita yang sangat fasih berbahasa inggris, terus kita coba ngobrol dalam bahasa inggris dengan dia. Bagaimana sensasinya ? kurang menantang kan ? hehe.. coba saja kalian memberanikan diri ngobrol langsung dengan para bule. Bule australia nih misalnya, cobalah beranikan diri untuk sekedar ngobrol sama para bule itu, hmmm pasti sensasinya "wowwww". nggak percaya ? dicoba sendiri saja deh ^_^

8. Latih pendengaran. Sebenarnya sih ini mudah dilakukan. Cari saja entah itu film, atau dari radio atau dari apalah terserah, yang penting kalian bisa fokus berlatih mendengar percakapan bahasa inggris. sehingga telinga kalian jadi terbiasa mendengar percakapan atau kata-kata dalam bahasa inggris. Boleh juga sambil mendengarkan percakapan bahasa inggris kalian pegang kamus hehe. Siapa tahu pas mendengar sebua kata, belum tahu artinya tinggal buka-buka kamus. Ya nggak ?

9. Jangan mudah menyerah dan cepat bosan. Kalian harus membayangkan bagaimana rasanya jika kalian nanti benar-benar menguasai bahasa inggris secara utuh, penuh, full deh pokoknya. Jangan kalian mudah menyerah, semangat loyo hanya gara-gara ada hambatan atau kesulitan di tengah perjalanan kalian belajar bahasa inggris. Semangatlah dan raih impianmu !!

Nah mungkin inilah yang bisa saya berikan pada info cara mudah belajar bahasa inggris tanpa ikut kursus kali ini, semoga bisa bermanfaat dan bisa sedikit membantu para pembaca sekalian yang sedang galau gara-gara bingung belajar bahasa inggris. Mungkin ada yang mau menambahi ? silahkan komentar :)