SALAH JURUSAN KULIAH

Salah jurusan kuliah - Duduk di kursi empuk sebuah Kampus Universitas Negeri / Universitas Swasta memang bisa dikatakan sebuah impian bagi kebanyakan para lulusan SMU / SMK. Tetapi disadari atau tidak, banyak sekali yang cocok dengan Jurusan yang mereka pilih dan alhasil mereka enjoy dalam menjalani proses perkuliahan sampai lulus,.akan tetapi banyak juga yang salah jurusan saat masuk di jenjang perkuliahan dan alhasil kebanyakan bagi mereka yang salah jurusan akan sangat terasa berat dalam menjalani proses perkuliahan.

Menurut pengalaman saya, jumlah mahasiswa yang salah masuk jurusan terhitung banyak juga loh, dan penyebabnya beragam. Ada yang karena desakan orang tua mereka, ada yang memang karena mereka tidak mengetahui jurusan yang mereka ambil saat pendaftaran, ada juga yang karena ikut-ikutan teman dan lain-lain...sebabnya sungguh beragam :) hehe.
Pada jaman sekarang yang serba canggih ini sebaiknya sebelum memilih jurusan yang ingin didaftar ada baiknya browsing-browsing dulu di internet, banyak baca-baca buku tentang referensi jurusan kuliah dan Universitas dan cara-cara lainnya. survey dulu lah intinya.
salah jurusan kuliahBagi yang memang suka dengan hitung-hitungan lebih baik masuk di jurusan yang memang berkutat mengenai hitung menghitung,. bagi yang suka membaca dan tidak suka hitung-menghitung lebih baik mendaftar di jurusan yang jauh dari hitung-menghitung. Karena jika dari awal sudah salah masuk jurusan akan berakibat sangat fatal menurut pengalaman saya. Potensi diri jadi tenggelam ke dasar laut hehehe...karena akan jauh lebih efektif jika kuliah di jurusan yang memang pada diri seseorang itu sudah mempunyai potensi basic yang sangat pas dengan jurusan kuliah yang diambilnya :)

Sikap hati-hati dan selektif mutlak diperlukan dalam hal memilih jurusan perkuliahan. Minat dan bakat harus benar-benar diperhatikan, jangan larut dengan omongan orang / ajakan teman yang sebenarnya bertentangan dengan hati nurani untuk masuk di jurusan yang teman-teman kalian usulkan.

Faktor orang tua terkadang menjadi sebuah sebab paling dominan dalam hal salah masuk jurusan. Orang tua terkadang memaksakan kepada anak-anak mereka untuk masuk ke jurusan yang mereka anggap bagus / baik dan sesuai menurut mereka., padahal jurusan itu belum tentu cocok dengan si anak itu sendiri. Karena setiap manusia pasti mempunyai bakat yang berbeda-beda dan akan sangat jauh lebih bagus jika bakat yang mereka miliki disalurkan ke jalur / jurusan perkulaiahan yang sesuai dengan bakat mereka. Maka dari itu bagi para orang tua, mulai sekarang jangan memaksakan kehendak yang sepihak yang pada akhirnya justru akan menyengsarakan si anak itu sendiri, bahkan lebih jauh lagi, masa depan anak itu justru akan amburadul hehe.

Menjalani sesuatu yang memang sudah ada bakat dan disukai pasti akan dijalankan dengan santai, mudah dan akan membuahkan hasil yang memuaskan. Jadi, mulai sekarang bijaklah dalam memilih jurusan perkuliahan. Pilihlah yang sesuai bakat dan minat. Teliti dan pertimbangkanlah dengan seksama sebelum terlambat.
Baca juga : cara agar cepat tinggi
Goodluck
Load disqus comments

0 komentar