Latest News

CARA MEMILIH SUSU FORMULA YANG TEPAT UNTUK BAYI

Advertisement
Cara memilih susu formula - Anda sebagai seorang orang tua, sudah seharusnya memberikan yang  terbaik bagi bayi anda. Ibu merupakan orang yang paling berpengaruh dan paling dekat dengan anak. Setelah bayi lahir ke dunia ini, otomatis kewajiban orang tua, terlebih ibu untuk merawat sang bayi agar tumbuh dengan sehat dan baik. Mutlak, ASI wajib hukumnya. Akan tetapi, terkadang masalah terjadi sehingga bayi tidak dapat mendapatkan ASI sebagai kebutuhan utamanya. Misalnya, karena sang ibunda meninggal sewaktu melahirkan, ada lagi karena ASI  / susu ibu tidak keluar dan lain-lainnya.

Cara memilih susu formula untuk bayi memang perlu perhatian khusus. Jangan hanya asal memilih. Tentu anda tidak menginginkan bayi anda mendapatkan sesuatu yang salah bukan? Nutrisi untuk bayi anda harus terpenuhi secara maksimal, bagaimanapun kondisinya. Nah, jika kebetulan bayi anda tidak seberuntung bayi lainnya yang mendapatkan asupan ASI secara penuh, anda masih dapat mengakalinya yaitu dengan cara memberikan mereka susu formula.

Berikut bagaimana cara memilih susu formula yang tepat untuk bayi anda :

Sebelum anda menyimak tipsnya, alangkah lebih baik perlu anda ketahui dahulu, yaitu mengenai beberapa jenis dari susu formula. Susu formula ada beberapa jenis, silahkan anda simak.

cara memilih susu formula
Menurut penelitian FDA ( food and drug administration ) Amerika Serikat, susu formula terbagi menjadi 3 jenis.

1. Formula susu kedelai
Sudah dapat ditebak susu ini terbuat dari bahan dasar kedelai. Protein didapatkan dari kedelai. Biasanya, susu jenis ini sangat cocok dan dianjurkan untuk bayi yang alergi terhadap susu sapi. Untuk masalah nutrisi, anda tidak perlu khawatir, karena nutrisi dari susu formula kedelai ini tidak kalah dibanding susu formula sapi.

2. Formula susu sapi
Susu ini terbuat dari susu sapi. Keungggulannya, susu ini mempunyai kandungan gizi yang seimbang dan lebih mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi. Akan tetapi, ada kendala yang mungkin mengganjal, yaitu bayi banyak mengalami alergi terhadap susu formula sapi. Bagaimana dengan bayi anda?

3. Formula hidrolisa protein
Perlu anda ketahui, susu formula ini lebih kecil bentuknya apabila dibandingkan dengan formula susu sapi dan kedelai. Hal ini dikarenakan susu ini mengandung protein yang dipecah / hidrolisa. Susu ini sangat cocok untuk diberikan kepada bayi yang alergi / tidak cocok terhadap formula susu sapi dan kedelai.

Selanjutnya, kita melangkah ke bagaimana cara memilih susu formula
 
1. Anda perlu memperhatikan dengan serius, ketika anda memilih susu formula untuk bayi anda, perhatikanlah apakah susu tersebut sudah ditambahi zat besi / iron. Jika belum, jangan anda pilih. Intinya, pilihlah susu formula yang sudah ditambah zat besi / iron untuk menunjang kebutuhan bayi anda.

2. Perlu anda ingat, bahwa hampir semua susu formula mempunyai kandungan gizi yang setara. Jadi, jangan jadikan faktor harga sebagai patokan utama. Belum tentu susu yang mahal kualitas dan kandungan gizinya lebih baik daripada susu formula yang berharga murah. Intinya, jangan jadikan harga sebagai tolak ukur dalam memilih,karena mengingat bahwa pemberian susu formula bisa saja berlangsung terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama.

3. Anda perlu memastikan susu formula yang anda pilih sudah sesuai dengan bayi anda Sesuaikan dengan usia bayi anda.

4. Segera konsultasikan kepada dokter anak anda jika terjadi keluhan pada bayi anda setelah anda berikan susu formula. Misalnya, muntah, diare, tidak bisa buang air besar dan lain-lainnya. Tujuan berkonsultasi ke dokter adalah agar dokter anak anda dapat membantu memilihkan susu formula yang paling tepat untuk bayi anda.

Nah, kami rasa informasi mengenai cara memilih susu formula yang tepat untuk bayi anda ini sudah sangat lengkap. Pastikan teliti sebelum memilih dan membeli. Hal ini sangat erat kaitannya dengan proses tumbuh kembang bayi anda lho. Jadi, berhati-hatilah. Baca juga yang ini, cara mudah belajar bahasa inggris tanpa ikut kursus. Semoga bermanfaat dan sukses selalu untuk anda.

Advertisement