Latest News

AKIBAT POWER SUPPLY KOMPUTER RUSAK

Akibat power supply komputer rusak ternyata bisa berakibat sangat fatal. Mungkin diantara anda sekalian ada yang belum memahami akan hal ini. Komponen penyusun komputer ( PC ) memang lumayan kompleks. Bagi anda yang masih awam atau belum mengerti, mungkin saja anda bingung. Apalagi jika sewaktu-waktu komputer anda nge hang. Bisa jadi anda akan kebingungan, kelabakan, mau minta tolong kepada siapa, padahal pekerjaan anda mungkin saja saat itu sedang menumpuk. Itulah perlunya kita harus mau dan mencoba mempelajari seluk beluk komputer. Tidak akan ada ruginya kok jika anda memang berniat mempelajarinya.

Akibat power supply komputer rusak jangan anda remehkan. Jika memang anda mengetahui power supply anda sudah tidak beres atau mungkin sudah timbul gehala-gejala tidak wajar, lebih baik segera ganti dengan power supply yang baru saja. Karena, perlu anda ketahui, peran dari power supply sangatlah vital untuk kinerja komputer ( pc ) anda. Semua daya yang dibutuhkan untuk komputer agar bekerja dengan baik, power supply lah yang bertugas mensupport kebutuhan daya tersebut.

Kami pernah mempunyai pengalaman terhadap ketidak beresan powerupply di salah satu komputer yang kami miliki. Apa yang terjadi? pada waktu itu, sebuah keanehan mulai sering terjadi. Biasanya, komputer kami itu dapat berjalan dengan baik dan bekerja dengan normal walaupun sudah menyala hampir 24 jam full, bahkan sudah sering 2 hari non stop tanpa mati, tetapi kinerjanya oke-oke saja. Tidak pernah terjadi hal-hal yang diluar kendali. Nah, jika anda ingin tahu apa keanehan yang terjadi pada komputer kami tersebut adalah "restart" dengan sendirinya terus menerus. Tidak hanya satu atau dua kali restart saja. Memang, awalnya terjadinya restart terbilang jarang. Pada saat itu hal itu kami kira hanyalah kejadian biasa. Tetapi, setelah kami nekat memakainya, hal yang lebih parah terjadi, yaitu restart terus ketika kondisi komputer sedang dipakai bekerja. 

power supplyKita lanjutkan lagi, bahkan restart sebelum masuk windows, seperti terlihat "tak berdaya" saja komputer kami waktu itu. Alhasil, kami pun mengadakan acara bongkar membongkar cashing dan seluruh isinya, sekalian bersih-bersih perangkat komputer yang terbilang sudah lama tak terurus. Nah, kami sudah memeriksa satu persatu semua bagian komputer kami, sudah menukar dengan perangkat lain untuk mencoba. Misalnya kami menukar RAM ( memori ) dari komputer lain yang kebetulan tipe ram nya sama. VGA card kami cek, masih oke dan masih mumpuni. Motherboard, Processor bahkan sampai baterai bios pun kami sudah menggantinya. Akan tetapi masih saja restart.

Pada saat itu kami memang menjadi rajin browsing di internet mengenai apa kira-kira penyebab sering restartnya sebuah komputer. Hmm, ternyata kami menemukan banyak sekali petunjuk yang sangat penting mengenai permasalahan itu. Banyak sekali kemungkinan ketika komputer sering restart dan mati-mati sendiri. Memory / ram yang rusak, ada lagi, VGA card yang tidak beres, ada lagi karena hardisk nya yang kemungkinan sudah mengalami banyak bad sector, ada lagi, bisa jadi karena motherboardnya ( papan induk ) komputer nya yang ada kerusakan, ada lagi yang bilang bisa jadi karena processornya. Wah pokoknya super duper lengkap pada saat kami mencari informasi saat itu. 

Kebetulan saat kami cek motherboard komputer kami, memang ada salah satu kapasitor yang "hamil" alias sudah menggelembung. Dikatakan pada salah satu sumber di internet hal itu bisa saja menjadi penyebab terbesar sering restartnya komputer. Tanpa pikir panjang lagi, kami langsung mengganti kapasitor tersebut dengan kanibal dari motherboard lain yang sudah mati yang dikasih oleh salah satu bapak ahli servis komputer yang baik hati. Setelah sampai rumah, secepat kilat motherboard kami rangkaikan dengan komponen lainnya seperti hardisk, ram, vga card, dan tidak lupa power supplynya sebagai penyokong dayanya. Pada saat itu kami sudah yakin benar bahwa nantinya masalah restart ini akan beres setelah kapasitor yang menggelembung itu kami ganti. Sekali pencet, komputer langsung  menyala. Wah, kami sangat gembira saat itu. Hmm sepertinya sudah beres nih komputernya dari permasalahan restart sendiri. Senang sebentar, kami kaget bukan kepalang. Karena hanya dalam hitungan sekitar 10 menit saja komputer kami restart sendiri lagi. Wah, kacau nih, pikir kami saat itu. 

Kenapa kami menduga power supply kami saat itu bukanlah penyebabnya? alasannya sebenarnya cukup kuat. Kami beranggapan bahwa power supply yang kami pakai merupakan salah satu power supply terbaik dan memang berbeda dari powesr supply standard pada umumnya. Akan tetapi karena peristiwa restart lagi itu, padahal kapasitor motherboard sudah kami ganti. Maka spontan kami menaruh curiga pada power supply kami. Dan benar saja, setelah kami mencoba memasang dan menghidupkan komputer kami menggunakan power supply pinjaman yang sudah terbukti "waras" alias"sehat", komputer kami pun bak pelari cepat habis sarapan. Larinya kenceng, dan tanpa tersendat apalagi restart. Setelah itu kami sadar bahwa power supply kami lah yang tidak beres alias rusak. Alhasil, kami pun membawa power supply kami itu ke ahli servis elektronik terdekat dari lokasi kami tinggal untuk diservis dan dibenerin apa yang rusak.  Tetapi jika anda punya uang berlebih, lebih baik jika power supply anda memang tidak beres / rusak langsung saja pergi ke toko komputer dan "borong yang baru".

Itulah sedikit cerita mengenai pengalaman pahit yang beberapa waktu lalu kami alami. Untuk itu, intinya power supply itu sangat penting, kalau bisa belilah power supply yang "bagus" dan terjamin kualitasnya. Memang agak mahal, tetapi memang kualitas tidak mungkin bohong. Apalagi jika anda adalah penggila games alias gamers. Jika anda gamers sejati, mungkin anda tertarik membaca yang satu ini, daftar game online paling laris di Indonesia. Pasti kebutuhan daya komputer anda harus stabil. Untuk itulah kesehatan power supply harus selalu dijaga dan dipantau, dan jangan lupakan juga komponen - komponen yang lainnya tentunya, juga harus ikut diperhatikan dan dijaga. Sekian tulisan singkat berjudul akibat power supply komputer rusak.
(smilewithismail)