INTERNET UNTUK KECERDASAN BANGSA

Internet untuk kecerdasan bangsa memang sepertinya tidaklah terlalu muluk-muluk dan berlebihan. Bangsa yang cerdas memang menjadi sebuah impian, apalagi bangsa kita ini, Indonesia merupakan bangsa besar dengan kekayaan yang luar biasa. Segalanya semakin lama semakin mudah. Dulu, sebuah hal yang "mustahil" untuk dapat dilakukan, pada jaman sekarang, di era modern ini ternyata bukan lagi sebuah hal yang mustahil. Contohnya, anda sedang asyik chatting sambil sesekali melihat status teman dan ikut serta mengomentari status terbaru teman-teman anda di facebook. Coba anda bayangkan, betapa hal itu merupakan sebuah hal yang mustahil pada "jaman dulu?"

Manfaat internet ternyata sangat banyak. Apabila kita mau merenunginya, ternyata sungguh luar biasa besarnya. Dunia sudah seperti tidak ada batasnya. Ingin tahu apa saja berita terbaru atau segala hal mengenai Amerika, kita tidak perlu repot-repot pergi ke Amerika. Bagi kalangan siswa dan mahasiswa, internet juga bisa dijadikan gudang ilmu. Lihat betapa banyak orang yang dengan sukarela berbagi informasi melalui internet. Melalui blog misalnya. Sudah bukan hal yang asing lagi bagi para blogger berkreasi dan berbagi ilmu dengan memanfaatkan blognya dan tentu saja hal ini tidak lepas dari peran serta internet. Kesulitan dalam belajar bahasa inggris misalnya, nah sebagai contoh di blog ini pun pernah berbagi tips seputar bahasa inggris. Ingin tahu? coba baca ini, cara mudah belajar bahasa inggris tanpa ikut kursus.

internet untuk kecerdasan bangsaDi era modern seperti sekarang ini, internet dapat dibilang sudah menjadi bagian dari gaya hidup semua lapisan masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia tentunya. Putra putri bangsa Indonesia harus bisa memanfaatkan segala hal positif yang ditawarkan oleh internet. Jika kita bisa memfilter, ambil saja sisi baik dari internet dan buang / tinggalkan sisi negatif yang ditawarkan oleh internet. Hampir semua hal ada di internet, baik itu hal-hal yang baik, dan ada juga hal-hal yang kurang bahkan tidak baik. Tinggal bagaimana kendali diri kita yang akan menentukan hal ini.

Bagi para pelajar dan mahasiswa informasi yang disuguhkan internet sebenarnya sangatlah menggiurkan. Pelajaran yang diberikan bapak ibu guru di sekolah dan dosen d kampus mungkin tidak atau belum banyak dan secara keseluruhan mampu mengupas tuntas materi. Iya, mungkin dirumah atau di kos dapat dilengkapi dan dilanjutkan dengan membaca buku. Tetapi terkadang masih saja ada hal-hal tertentu yang tetap belum bisa terpecahkan jawaban atau solusinya. Nah, disaat seperti itulah internet bisa dijadikan opsi berikutnya untuk mencari jawaban atau mencari solusi. 

Akan tetapi, ada yang sangat disayangkan ketika begitu banyak para remaja dan kawula muda yang justru memanfaatkan kecanggihan internet hanya untuk sesuatu yang kurang bermutu dan kurang berguna. Lihatlah begitu banyak yang justru menggunakan internet hanya untuk keperluan chatting, bersenang-senang saja, bermain sosial media dan lain sebagainya. Walaupun memang jika dikaji, tidak sepenuhnya chatting, bermain sosial media itu tidak ada manfaatnya sama sekali. Tetap ada manfaatnya, tetapi sepertinya tidak terlalu bermanfaat. 

Intinya, marilah kita pergunakan adanya fasilitas internet ini untuk diberdayakan sebagai media dalam hal memperkaya ilmu. Dengan semakin banyak ilmu yang dapat diperoleh dan dapat diserap, tentunya secara otomatis akan mampu mendongkrak tingkat kecerdasan masyarakat pengguna internet itu sendiri. Jika sudah begini, maka secara keseluruhan sudah pasti akan mampu melahirkan anak-anak bangsa berkategori berpengetahuan luas dan tidak out of date alias ketinggalan jaman. Apakah kita sudah menyadari akan hal ini? kita harus bangga menjadi bagian dari sebuah bangsa sebesar Indonesia ini. 

Sebenarnya kualitas SDM ( sumber daya manusia ) yang dimiliki bangsa Indonesia jika diarahkan dan dididik dengan cara yang tepat, sepertinya kualitas SDM kita tidak akan kalah apabila dibandingkan dengan SDM bangsa-bangsa lain di dunia ini. Hanya saja, mungkin saat ini memang kita perlu mengakui bahwa masih banyak PR yang sepertinya masih menjadi tanggung jawab pemerintah dan kita semua sebagai warga negaranya yang mesti harus banyak diselesaikan agar dapat terwujud sebuah bangsa yang cerdas. Tetap semangat untuk mewujudkan bangsa Indonesia ini menjadi sebuah bangsa yang cerdas.

Sekian tulisan singkat mengenai internet untuk kecerdasan bangsa kali ini. Mungkin anda juga berminat membaca nformasi ini, cara agar cepat tinggi dan model jilbab terbaru. Sukses selalu untuk anda semua. Salam.
(smilewithismail)
Load disqus comments

0 komentar