Latest News

CARA BELAJAR EFEKTIF UNTUK MERAIH PRESTASI TERMUDAH DAN TERLENGKAP

Advertisement
Cara belajar efektif untuk meraih prestasi termudah dan terlengkap dapat anda terapkan dalam metode belajar anda. Proses belajar memang sangat penting. Tidak bisa ditawar lagi dan memang sudah menjadi salah satu jembatan untuk dapat menguasai ilmu yang sedang dipelajari. Untuk itulah strategi sangat diperlukan. Hasil maksimal adalah impian, dan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak sekali orang yang merasa kebingungan mengapa hasil yang didapatkan kurang begitu maksimal, padahal juga sudah belajar dengan keras. Hal ini mungkin saja terjadi, karena terkadang cara belajar yang kurang efektif menjadi penyebabnya.

Cara belajar efektif sebenarnya dapat kita lakukan dengan mudah. Rasa malas terkadang menjadi penyebab yang membuat semua menjadi kacau. Banyak sekali para pelajar dan mahasiswa yang justru asyik bermain dan melupakan belajar. Padahal, tugas utama seorang pelajar dan mahasiswa adalah untuk belajar dan menuntut ilmu. Orang tua yang sudah mati-matian memberikan dan mencukupi semua kebutuhan seringkali dibuat kecewa oleh ulah putra putrinya yang justru melalaikan belajar, sehingga mendapatkan nilai yang kurang bagus, bahkan tidak bagus. Untuk itulah, usaha untuk meraih prestasi wajib diterapkan.

Pendidikan di Indonesia memang terbilang sedang berkembang pesat. Untuk dapat lulus ujian nasional, standard nilai minimum sudah semakin ketat dan semakin tinggi. Hal ini menuntut para siswa untuk lebih keras lagi dalam proses belajarnya. begitu pun untuk para mahasiswa, banyak sekali perguruan tinggi yang menerapkan standard yang ketat untuk dapat meraih nilai yang baik. Jika penerus bangsa semakin berkualitas, tentu saja masa depan bangsa juga akan semakin cerah.

Bagi anda yang ingin mengetahui seperti apa strategi belajar yang efektif, simak beberapa tips cara belajar efektif berikut ini :

1. Fokus dan serius di kelas
Bagi anda para pelajar dan mahasiswa yang masih aktif, tentu saja masuk sekolah dan masuk kuliah wajib hukumnya. Pelajaran dan keterangan dari bapak ibu guru dan dosen di kelas sudah barang tentu menjadi menu utama dalam kegiatan belajar mengajar. Manfaatkan semaksimal mungkin momen ini untuk sedapat mungkin menyerap sebanyak mungkin ilmu yang disampaikan oleh bapak ibu guru atau dosen. Jangan hanya ngobrol dan mengantuk ketika di kelas. Berusahalah untuk terus fokus dan serius ketika sedang belajar didalam kelas. Terapkan dalam diri, bahwa keberhasilan dalam menyerap ilmu adalah hak setiap orang, dan anda harus menjaga kondisi fokus dan serius ini secara kontinyu.

cara belajar efektif2. Perpustakaan
Jangan malas untuk berkunjung ke perpustakaan. baik itu perpustakaan di sekolah, di kampus ataupun perpustakaan apa saja dan dimana saja. Manfaatkan adanya perpustakaan ini untuk meraup sebanyak mungkin ilmu yang dapat anda serap. Membaca di perpustakaan akan dapat menambah ilmu anda. Jika pelajaran dan keterangan yang didapatkan di kelas dirasa belum maksimal dan belum dapat memecahkan masalah, terkadang dengan membaca dan mencari tambahan buku di perpustakaan bisa menjadi sebuah solusi yang tepat untuk memecahkan masalah yang mungkin belum terpecahkan sebelumnya. Bagaimana? intinya, manfaatkan perpustkaan.

3. Tetapkan jadwal belajar
Sangat disarankan untuk membuat jadwal belajar sendiri di rumah. Hal ini sangat penting, karena dengan anda membuat jadwal belajar yang sangat terencana, anda akan dapat membiasakan diri anda untuk belajar secara teratur dan tertarget. Usahakan untuk konsekuen mentaati jadwal belajar yang sudah anda buat. Akan sangat tidak berguna apabila anda sudah membuat jadwal belajar yang sangat tersususun dengan rapi tetapi anda sama sekali tidak mematuhi jadwal yang sudah anda buat tersebut. Intinya, patuhi jadwal belajar anda sendiri. 

4. Cukupkan istirahat
Manusia mempunyai batas. Begitu pun dengan kondisi tubuh anda. Setelah berjibaku dengan semua materi pelajaran di kelas dan berbagai aktifitas lainnya yang sangat melelahkan, tubuh anda juga membutuhkan istrirahat yang cukup untuk mengembalikan stamina anda. Jangan melupakan hak tubuh anda untuk beristirahat. Jika badan anda fresh, maka proses penyerapan ilmu ketika belajar pun akan berjalan lebih lancar dan mudah.

5. Buat kelompok belajar
Jangan pernah menyepelekan belajar secara kelompok. Hal ini sangat penting untuk dapat menunjang proses penyerapan dan pemahaman terhadap permasalahan materi pelajaran yang mungkin saja belum bisa terpecahkan. Saling sharing pengetahuan antar peserta belajar kelompok adalah salah satu kunci penting yang memegang perananan keefektifan dalam sebuah kelompok belajar. Buatlah kelompok belajar yang solid, dan jangan terlalu banyak anggota. Karena, jika terlalu banyak anggota, justru akan berimbas terhadap kurangnya fokus dalam belajar dan bisa saja justru banyak terjadi obrolan antar anggota yang tidak penting.

6. Bertanya kepada teman atau rekan yang lebih tahu dan lebih pandai
Jangan malu bertanya kepada teman anda yang memang lebih pandai. Ada istilah malu bertanya sesat di jalan. Jadi, berusahalah berkonsultasi kepada teman anda tersebut. Singkirkan gengsi yang mungkin ada. Demi keberhasilan, cara-cara yang mungkin belum pernah terfikirkan sebelumnya memang terkadang justru bisa menjadi kunci keberhasilan.

7. Aktiflah ketika di kelas
Usahakan untuk aktif ketika berada di kelas. Bertanyalah kepada bapak atau ibu pengajar di kelas. Tanyakan hal-hal yang mungkin masih belum anda mengerti. Jika perlu, anda buat dahulu list persoalan yang belum anda mengerti dari rumah. Sehingga ketika berada di kelas, anda dapat dengan mudah menyampaikannya kepada bapak atau ibu guru dan dosen pengajar di kelas. Dengan begitu, kemungkinan untuk persoalan yang sulit anda mengerti akan dapat terjawab oleh para pengajar anda. Jangan tunggu bapak atau ibu guru dan para pengajar menanyai anda atau menyuruh anda bertanya dan mengungkapkan pendapat di kelas. Mulailah dengan inisiatif sendiri untuk berani bertanya. Jangan malau atau takut untuk melakukannya, karena jika anda berhasil maka anda sendirilah yang akan menikmati keberhasilan anda, bukan orang lain.

8. Internet
Sudah bukan rahasia lagi jika saat ini internet sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia. termasuk dalam hal untuk mendukung proses belajar. Manfaatkan internet untuk sebanyak mungkin meraup ilmu. Bahkan di internet hampir semua hal dapat ditemukan. Mungkin saja hal-hal baru dapat anda temukan. Solusi untuk pelajaran yang mungkin dirasa sulit dan mungkin saja belum ditemukan solusinya, dapat dengan mudah ditemukan dari internet. Manfaatkan kecanggihan teknologi ini untuk mendukung proses belajar anda. Jika anda belum memiliki koneksi internet, manfaatkan warnet. Jika anda sudah memiliki koneksi internet, semisal modem usb, anda bisa lebih mudah menggunakan dan memanfaatkan fasilitas tersebut dari rumah. Oh iya, jika anda ingin lebih jauh mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk merawat modem usb, coba baca artikel menarik ini, cara merawat modem usb yang baik dan benar

9. Merangkum
Cobalah untuk merangkum materi pelajaran. Hal ini sangat penting dan sangat bermanfaat untuk memudahkan proses pemahaman dalam belajar. Ambillah hal-hal inti atau pokok yang menjadi kunci utama dalam sebuah pelajaran dan buatlah ringkasannya. Terkadang dalam sebuah buku, materi yang terlihat begitu banyak dan panjang dapat membuat rasa malas muncul. Untuk itulah, dengan cara mengambil pokok-pokok nya saja akan dapat memudahkan anda dan dapat menghilangkan rasa malas untuk membaca. Berlatihlah untuk merangkum, dari materi yang panjang dan luas menjadi sebuah list yang ringkas dan dapat lebih mudah untuk dipahami.

10. Les
Jika anda memiliki dana berlebih, anda dapat mengikuti program-program les diluar jam sekolah yang saat ini sudah banyak ditawarkan. Selektiflah dalam memilih program les. Cari referensi dulu sebanyak mungkin sebelum anda memutuskan untuk bergabung dengan salah satu program les. Hal ini sangat penting agar nantinya anda tidak kecewa dan menyesal jika ternyata program les yang anda ikuti kurang berkualitas dan belum sesuai harapan anda. Pilihlah program les yang benar-benar bonafide.

11. Cobalah trik bagaimana cara mudah untuk menghafal
Nah, yang satu ini juga sangat penting. Jika anda bisa menerapkan trik ini, kemungkinan besar anda akan dengan mudah dan lebih cepat dalam menghafalakn materi pelajaran. Bagaimana caranya? coba baca ini, cara cepat menghafal dengan mudah. Semoga dengan trik tersebut, anda lebih cepat menghafalkan semua materi yang wajib anda hafalkan, terutama bagi anda yang memang tergolong orang yang sulit menghafal.

12. Perbanyaklah latihan soal
Latihan soal juga sangat berperan penting dalam proses belajar. Terutama untuk mata pelajaran eksak. Seperti matematika, fisika dan lain-lainnya. Pahami materi dan rumus-rumus inti, setelah itu jangan lupa untuk berlatih mengerjakan soal-soal. Dengan begitu, anda akan lebih mudah memahami dan akan lebih mudah mengingat kembali cara mengerjakan yang baik dan benar, karena anda sudah terbiasa mengerjakannya sewaktu latihan mengerjakan soal.

13. Hindari sistem belajar kebut semalam
Biasakan diri anda untuk belajar secara bertahap, sedikit demi sedikit. Hal ini sangat penting, mengingat saat ini banyak sekali para siswa dan mahasiswa yang baru belajar ketika malam menjelang ujian. Belajar dadakan seperti ini sudah dapat dipastikan kurang efektif, bahkan bisa dikatakan tidak efektif sama sekali. Untuk itulah, terapkan pada diri sendiri untuk belajar secara bertahap. Manfaatkan waktu sebaik mungkin.

14. Belajar sambil mendengarkan musik
Hmm, sepertinya cara ini terkadang cukup efektif  bagi sebagian orang. Biasanya dengan mendengarkan musik yang lembut dan menenagkan, fokus belajar menjadi lebih besar. Namun ingat, tidak semua orang cocok dengan cara ini. Cobalah dahulu, jika anda merasa cocok dan enjoy, teruskanlah. Tetapi jika anda merasa justru menjadi kacau dan sulit konsentrasi dalam menyerap materi pelajara, hentikanlah cara ini.

15. Manfaatkan waktu luang anda untuk belajar sambil santai
Ketika anda sedang bersantai, cobalah untuk membaca sambil santai. Santai saja, daripada anda bengong paling tidak anda sudah membaca materi pelajaran walaupun dengan santai dan tidak ngoyo. Percayalah, bahwa orang yang belum pernah melihat dan membaca sama sekali akan kalah dengan orang yang paling tidak pernah melihat dan membaca walaupun hanya sepintas saja.

16. Catatan kecil
Hampir mirip dengan rangkuman dan bahkan bisa dikatakan sama. Jangan sepelekan trik ini. Buatlah ringkasan pada sebuah kertas kecil yang mudah dibawa dan dilipat. Jadi, akan dapat dengan mudah dibawa kemana-mana karena hanya sebuah kertas kecil yang tidak merepotkan anda. Sambil bermain bisa anda buka-buka. Misalnya mencatat rangkuman dan ringkasan rumus. Percayalah, cara ini juga sangat efektif.

17. Berdoa kepada Tuhan YME
Terakhir, jangan sampai anda lupakan kekuatan doa. Karena, bagaimanapun juga Tuhan YME lah yang menentukan segalanya. Manusia hanya dapat berencana, Tuhan YME lah yang menentukan. Untuk itulah anda perlu menyadari betapa pentingnya berdoa. Beribadah dengan rajin dan berdoa dengan tulus ikhlas kepada Tuhan YME. Percayalah, Tuhan YME akan memudahkan semua usaha anda, selama anda benar-benar melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya dan terus berdoa memohon kepada-Nya. Tuhan YME tidak akan mengecewakan hamba-Nya yang bersungguh-sungguh. Man Jadda wa Jada.

Nah, mungkin itulah sedikit pembahasan mengenai cara belajar efektif untuk meraih prestasi termudah dan terlengkap tersebut. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Baca juga yang ini, cara agar cepat tinggi. Sukses untuk anda semua.

Advertisement