TIPS BERHENTI MEROKOK PALING MUDAH

Tips berhenti merokok wajib anda tahu. Jika dipikir-pikir merokok itu tidak ada untungnya sama sekali. Coba bayangkan, jika anda merokok apa yang anda rasakan? anda hanya memainkan asap yang mengandung berbagai macam racun yang berbahaya. Iya, asap. Anda hanya menghisap asap lalu mengeluarkannya kembali. Hanya itu saja yang anda lakukan saat merokok. Tidak lebih bukan? tetapi apa akibatnya? jika kita mau merenungkan lebih jauh, akibatnya sangat berbahaya.Tidak cukup hanya berbahaya, tetapi "sangat berbahaya".

Aktivitas merokok mungkin nikmat bagi anda yang memang sudah terlanjur kecanduan. Tetapi akan sangat terasa menyiksa bagi mereka yang terpapar asap rokok yang anda timbulkan dari aktivitas merokok anda. Bagi mereka yang tidak merokok harus anda paksa untuk ikut menghisap asap rokok anda. Sungguh kasihan mereka yang ada di sekeliling anda.

tips berhenti merokok paling mudahJika anda mau merenung, lihatlah para olahragawan. Tubuh mereka sehat, karena mereka rajin melatih tubuh mereka untuk berolahraga dan tentu saja terbebas dari rokok. Apa anda tidak ingin seperti mereka yang tubuhnya sehat? dengan merokok, anda sudah secara tidak sadar merusak tubuh anda sendiri. Tetapi mayoritas perokok mengabaikan hal ini. Bahkan sebenarnya para perokok juga sudah tahu akan akibat buruk yang ditimbulkan dari aktivitas merokok ini. Namun, biasanya mereka akan tetap merokok. Jika ditanya atau diperingatkan, mereka pun akan menjawab dengan berbagai alasan. Intinya, sudah tahu akibatnya tetapi nekat untuk tetap meneruskan kebiasaan buruknya tersebut.

Jika kita melihat dari sisi finansial, hal ini juga sangat merugikan finansial anda. Bayangkan saja, sudah susah-susah mencari uang, eh malah buat beli rokok. Setelah itu hanya dibakar dan habis. Hal ini sama saja dengan membakar uang. Jika kita hitung-hitung, harga 1 bungkus rokok katakanlah Rp. 12.000 . Jika sehari saja anda menghabiskan 1 bungkus rokok, hitunglah sendiri berapa uang yang sudah anda bakar dalam 1 bulan. Lumayan kan? coba anda belikan untuk kebutuhan lainnya. Pasti akan lebih bermanfaat. Misalnya untuk ditabung atau dibelikan berbagai kebutuhan pokok, misalnya saja untuk membeli beras. Hmm, pasti akan lebih berguna.

Sebenarnya, pihak produsen rokok sendiri juga sudah memberikan peringatan. Lihatlah, cermatilah di bagian bungkus rokok, pasti ada peringatan yang menjelaskan bahwa rokok dapat menimbulkan akibat buruk bagi kesehatan. Pedulikah anda akan hal ini? mungkin anda membacanya, tetapi tetap masa bodoh dengan peringatan tersebut. Nah, bagi anda yang memang sangat ingin sembuh dan terbebas dari kecanduan rokok, mungkin pembahasan kali ini bisa berguna bagi anda. Simak beberapa tips berhenti merokok dibawah ini.

Berikut beberapa tips berhenti merokok paling mudah yang dapat anda coba terapkan :

1. Niatkan dalam diri anda bahwa anda bertekad kuat untuk berhenti merokok.
Setiap perbuatan, apapun itu, pasti akan dimulai dari niatnya. Jika anda memang berniat untuk bebas dari jeratan rokok, yakinlah anda pasti bisa terbebas dari rokok. Jika niat anda memang sudah kuat, kokoh, pasti anda tidak akan mudah tergoda dengan berbagai halangan dan rintangan yang mungkin muncul ketika anda melalui masa-masa sulit berjuang melepaskan diri dari rokok. Jadi, niatkan dulu dengan niat yang sungguh-sungguh.

2. Langsung stop mulai detik ini
Jika anda memang berniat sungguh-sungguh untuk berhenti merokok, janganlah anda beri lagi sebuah kesempatan kepada keinginan anda untuk merokok. Caranya, langsung saja anda stop kebiasaan buruk anda tersebut saat itu juga. Jangan mengurangi sedikit demi sedikit, karena nanti malah kebablasan lagi. Intinya stop total. Jika saat ini anda masih ada sisa stok rokok, buang atau bakar saja. Agar anda tidak terpancing kembali untuk merokok. Bagaimana? setuju?

3. Sibukkan diri anda
Biasanya, jika para perokok banyak mempunyai waktu senggang, akan mengakibatkan keinginan untuk merokok sangatlah besar. Jika anda mengisi waktu senggang anda dengan aktivitas, tentu hal ini akan dapat anda minimalisir. Orang yang disibukkan dengan berbagai kegiatan, akan sangat kecil kemungkinan untuk mendapatkan kesempatan merokok. Intinya, jika anda sering bengong, bisa saja keinginan merokok akan datang kembali. 

4. Ganti dengan permen
Ide cerdas yang satu ini memang sudah terbukti efektif bagi banyak perokok yang ingin dan sudah sembuh dari kecanduan rokok. Rasa kecut didalam mulut sering timbul, karena biasanya ketika anda merokok jika rasa kecut itu timbul, anda akan dengan mudahnya mengambil sebatang rokok, kemudian menyulutnya dengan api dan dengan nikmatnya anda menghisap rokok anda. Nah, jika anda ingin mengatasi hal ini, cobalah ganti rokok dengan permen. Untuk jenis dan rasa peremennya, silahkan anda sesuaikan dengan selera masing-masing. Dengan menghisap permen, tentu saja jauh lebih murah dan lebih sehat apabila dibandingkan dengan menghisap asap rokok. Bagaimana? sudah siap-siap membeli permen?

5. Maaf, saya tidak merokok lagi!!
Kita sebagai makhluk sosial, tentu saja tidak bisa luput dari yang namanya bermasyarakat. Nah, didalam interaksi dengan orang lain tersebut, tentu saja ada orang-orang yang merokok. Mungkin saja teman baik anda, saudara anda, teman kerja anda dan sebagainya. Pasti akan ada kemungkinan diantara mereka ada yang perokok. Bisa saja anda melihat mereka asyik menikmati rokok bahkan tidak menutup kemungkinan anda akan ditawari oleh mereka. Karena mungkin mereka tahu bahwa biasanya anda juga merokok. Jika anda memang benar-benar ditawari oleh mereka, tolak saja dengan tegas dan jelas. "Maaf, saya tidak merokok lagi". Itulah kuncinya. Jika anda masih menerima penawaran mereka, berarti niat anda belum kuat dan kemungkinan besar anda akan kembali terpancing untuk merokok lagi terus dan terus merokok lagi. Baagaimana? sudah siap menerapkan ini?

6. Konsisten
Jika anda sudah dapat berhenti merokok, katakanlah anda sudah mampu tidak merokok sama sekali selama 2 bulan. Bisa saja anda kembali tergoda untuk merokok lagi. Untuk itulah anda harus konsisten dengan niat anda untuk lepas dari rokok.

7. Olahraga
Jika anda rajin berolahraga, maka anda akan sehat. Oleh karena itu, anda juga harus mencoba aktivitas yang satu ini. Olahraga itu menyenangkan sekaligus menyehatkan. Kenapa anda tidak tertarik untuk mencobanya? dengan berolahraga rutin setiap hari, atau paling tidak anda menjadwalkan agenda berolahraga beberapa kali dalam 1 minggu, karena bisa jadi anda belum tentu ada waktu untuk dapat berolahraga setiap hari karena kegiatan anda atau karena pekerjaan anda. Intinya, banyak-banyaklah berolahraga.

8. Baca buku atau lihat video 
Mungkin anda dapat mencoba hal ini. Bacalah buku-buku yang membahas tentang berbagai penyakit yang timbul akibat rokok. Untuk video, anda juga bisa menonton video yang memang khusus dibuat untuk menyadarkan para perokok akan bahaya rokok. Anda bisa mencari atau melihat video-video tentang akibat rokok dari Youtube. Biasanya ada video mengenai bahaya rokok didalam situs tersebut. Atau dari sumber-sumber lain terserah, yang penting tujuannya adalah untuk memberikan efek "takut" kepada anda dan akhirnya dapat memperkuat niatan anda untuk berhenti merokok.

9. Lebih cepat lebih baik
Segerakan untuk berhenti merokok. Tunggu apalagi, lebih baik sedini mungkin anda berhenti merokok sebelum berbagai penyakit dan efek buruk akibat rokok menggerogoti tubuh dan kesehatan anda.

10. Berdoa
Berdoalah kepada Tuhan YME agar usaha anda dalam rangka berhenti merokok diberikan kemudahan dan kelancaran.

Itulah beberapa tips berhenti merokok paling mudah tersebut. Baca juga yang ini,
Cara cepat menghafal dengan mudah.
Cara agar cepat tinggi
Semoga membantu dan berguna bagi anda. Sukses untuk anda. Budayakan hidup sehat mulai sekarang.
Load disqus comments

0 komentar