CARA MENGATASI KECANDUAN FACEBOOK

Salah satu sosial media yang booming adalah facebook. Berapa banyak orang di dunia yang menggunakannya, sangat banyak dan mungkin anda adalah salah satunya. Fungsi dan manfaat positif dari facebook memang banyak, akan tetapi banyak juga akibat negatifnya. Salah satu akibat yang kurang baik adalah anda menjadi kecanduan. Sejam tidak membuka saja rasanya dunia sudah seperti mau kiamat.

Bergabung dan saling sharing informasi paling update melalui status facebook memang sangat menarik dan menyenangkan para penggunanya. Mereka tidak perlu repot, hanya perlu memiliki laptop, pc atau handphone yang bisa digunakan untuk mengakses internet saja, dan mereka sudah bisa cuap-cuap di facebook.

cara mengatasi kecanduan facebook

Jika ternyata anda sudah terlanjur kecanduan berat dan merasa sudah diatas batas kewajaran, ada baiknya anda mengevaluasi diri anda dalam hal penggunaan facebook dalam keseharian anda.

Coba simak beberapa tips ini :
1. Batasi waktu penggunaan
Jika anda sudah merasa terbius dan merasa ada yang kurang saat tidak bermain facebook, dan itu anda rasakan sebagai salah satu gangguan dalam hidup anda, ada baiknya anda mengurangi porsi bermain facebook anda dalam sehari. Misalnya saja sebelumnya full 24 jam buka facebook, sekarang anda pangkas menjadi 1 jam atau 2 jam saja membuka dan bermain facebook.

2. Renungi apa manfaatnya
Jika memang anda merasa sudah begitu kecanduan, sekarang coba anda fikirkan lagi, sebenarnya apa manfaat positif ketika anda bermain facebook seharian penuh. Apakah hanya untuk mendapatkan gelar "tetap eksis" di facebook? atau alasan lainnya? coba renungkan lagi.

3. Sibukkan diri anda
Untuk bisa mengurangi rasa kecanduan dari facebook, anda bisa mencoba menyibukkan diri anda. Mungkin sebelumnya anda menggunakan waktu senggang anda hanya untuk membuka facebook. Kenapa tidak mencoba memanfaatkan waktu luang untuk berolahraga atau menyiram bunga? itu misalnya saja. Intinya, sibukkan diri anda, maka anda akan bisa meminimalisir rasa kecanduan anda terhadap facebook.

4. Mematikan koneksi internet
Entah itu laptop atau komputer, jika ada koneksi internetnya, seringklai begitu menggoda dan memancing anda untuk bermain internet, browsing, download dan tentu saja bermain facebook. Untuk mencegah anda teringat dan terpancing membuka facebook, secara ekstrim anda bisa mencoba mematikan dulu koneksi internet anda jika memang hal itu memungkinkan.

5. Tidak usah terus memegang handphone
Salah satu alat mungil dan canggih saat ini adalah smartphone. Handphone merupakan salah satu alat yang biasa digunakan oleh banyak orang untuk mengakses internet, termasuk membuka facebook dimanapun dia berada. Hal inilah yang memicu rasa kecanduan. Anda bisa meminimalisir rasa kecanduan facebook anda dengan tidak terus menerus memegang handphone anda. Anda bisa memasukkannya di tas atau cara lainnya.

Itulah sedikit tips bagaimana cara mengatasi kecanduan facebook yang mungkin saja bisa membantu anda untuk bisa lepas dari belenggu sosial media yang sangat mengasyikkan ini. Mungkin anda juga tertarik untuk membaca artikel menarik lainnya dari smilewithismail. Selamat mencoba dan terimakasih.
Load disqus comments

0 komentar