TIPS MEMBELI HELM YANG BAIK

Tips membeli helm tentu perlu anda tahu. Sebagai peralatan wajib dalam berkendara sepeda motor, helm harus anda perhatikan dengan serius. Berbagai macam jenis helm banyak ditawarkan pada saat ini. Dari yang berkualitas rendah sampai yang berkualitas jempolan. Modelnya pun beragam. Terkadang hal ini cukup membingungkan bagi sebagian orang untuk memilih helm yang mana ketika akan membeli helm.

Helm merupakan alat pelindung kepala disaat kita berkendara. Ancaman di jalan yang begitu mengerikan siap kapan saja menimpa kita. Apalagi kepala adalah bagian tubuh paling vital. Jika sampai kepala kita mengalami benturan, maka keselamatan jiwa pun bisa terancam. Tidak salah memang pemerintah senantiasa menganjurkan untuk memakai helm yang berkualitas dan berstandard SNI.

tips membeli helm yang baik

Dalam memilih helm kita harus jeli. Jangan sampai anda hanya mengejar penampilan hel yang menarik tetapi mengabaikan dari sisi keselamatan. Untuk itulah faktor-faktor pendukung yang ada pada helm juga harus benar-benar bagus dan aman. Jika anda bingung dalam memilih helm yang baik, ada baiknya anda mencari berbagai tips yang menyjikan informasi mengenai bagaimana memilih helm yang baik dan benar.

Berikut ini adalah beberapa tips membeli helm yang baik :

1. Pilih helm yang punya bagian dalam lembut
Pada bagian dalam helm, yang perlu untuk anda perhatikan adalah bahan kain yang digunakan. Sangat disarankan untuk memilih bahan dari kain yang sangat lembut dan mempunyai kemampuan untuk maksimal menyerap keringat, mengingat pada saat berkendara kemungkinan untuk berkeringat sangatlah besar. Jika bahan yang digunakan sangat lembut, maka anda pun akan tetap nyaman ketika memakainya dalam waktu yang lama ketika anda berkendara dan menempuh jarak yang jauh.

2. Carilah helm yang nyaman ketika dipakai
Ukuran helm sangat beragam. Anda jangan sungkan untuk mencoba satu persatu helm ketika membeli. Sesuaikan dengan ukuran kepala anda. Jangan sampai kekecilan atau kebesaran. Jika hal ini terjadi, maka anda tidak akan nyaman ketika memakainya. Ukuran helm yang tepat akan membuat anda nyaman ketika memakainya disaat berkendara.

3. Memilih helm yang mempunyai 2 lapis kaca
Jika anda amati, ketika siang hari cuaca sangat panas, maka dari itu anda perlu menggunakan kaca yang gelap. Namun, ketika malam hari maka kondisi akan gelap, maka dari itu anda perlu memakai kaca yang terang ketika berkendara dimalam hari. Jadi, cari helm yang memiliki 2 kaca, gelap dan terang agar anda nyaman ketika berkendara di siang hari maupun malam hari.

4. Pilih helm yang full face
Helm full face adalah helm yang menutupi kepala dan wajah secara keseluruhan. Hal ini sangat bagus untuk perlindungan anda ketika berkendara. Selain itu, tipe helm ini lebih mampu memberikan perlindungan dari debu, serangga, batu, air dan berbagai polusi di jalanan lainnya. Rahang dan gigi anda pun akan aman terlindungi.

5. Anda juga bisa memilih minimal helm open face
Helm open face adalah tipe helm yang terbuka di bagian rahang. Jadi, ada alternatif lain selain helm full face. Namun, yang paling aman adalah helm tipe full face. Helm open face ini juga bagus dari segi keamanannya, namun masih kalah aman dari tipe helm yang full face. Semua kembali kepada anda masing-masing.

6. Lebih baik membeli helm yang sesuai standar
Helm yang sesuai standar akan memberikan kenyamanan dan tiangkat kemanan yang maksimal. Helm seperti ini memang terbilang mahal, namun apalah artinya sebuah harga mahal untuk hel bila dibandingkan dengan keselamatan anda ketika berkendara. Tidak ada artinya bukan? jadi bijaklah dalam membeli helm. Lihat dan periksalah apakah helm yang akan anda beli bisa dibongkar pasang dibagian dalamnya. Hal ini cukup penting agar ketika helm dicuci, bagian dalamnya bisa anda lepas dulu. Jadi kebersihan helm anda akan bisa terjaga dan bisa bersih maksimal.

7. Bagian luar helm harus keras
Biasanya helm yang baik pada bagian luarnya terbuat dari bahan polycarbonate. Bahan keras pada bagian luar helm memang sangat penting untuk perlindungan maksimal. Lapisan luar helm yang keras atau disebut dengan istilah hard outer shell memang menjadi indikasi kualitas sebuah helm. 

8. Bagian dalam yang tebal
Helm yang baik adalah sebuah helm yang memiliki desain bagian dalam yang tebal. Hal ini bertujuan untuk mengimbangi lapisan luar helm yang keras. Bagian dalam yang tebal akan memberikan manfaat untuk dapat meredam benturan dan gesekan yang mungkin saja terjadi pada saat helm mengalami benturan keras dengan sebuah benda. Jadi, tengkorak belakang tengkorak anda akan aman dari kemungkinan mengalami keratakan. Bahan yang sering digunakan untuk membuat bagian dalam helm yang tebal ini adalah dari bahan styrofoam atau polysyrene. 

Nah, mungkin itulah beberapa tips membeli helm yang baik tersebut. Bagaimanapun juga keselamatan dalam berkendara adalah hal yang utama yang perlu anda perhatikan. Banyak faktor lain yang berperan besar dalam kemanan berkendara. Misalnya saja, tidak ngebut, taat aturan lalu lintas, tidak mengantuk saat berkendara dan lain sebagainya. Mungkin anda juga berminat membaca yang ini, tips belanja online yang aman. Semoga bermanfaat bagi anda.
Load disqus comments

0 komentar