TIPS MEMILIH PAUD UNTUK ANAK

Advertisement
Tips memilih paud untuk anak lebih baik anda fahami dahulu. Bagaimanapun juga pendidikan sangatlah penting untuk kemajuan anak anda. Jangan sampai anak anda mendapatkan pendidikan yang kurang tepat bahkan salah. Anak usia dini sudah bisa anda berikan menu pendidikan sesuai usianya, yaitu memasukkan ke paud. Hal ini sangat berpengaruh untuk perkembangan positif anak anda.

Tips memilih paud memang tidak boleh asal-asalan. Kualitas memang lebih dipentingkan, agar anak anda juga bisa merasakan pendidikan yang tepat untuk dapat berkembang. Anak anda kelak akan menghadapi kehidupan yang panjang, maka dari itu sejak dini anda harus memberikan bekal terbaik bagi mereka sebelum mereka menginjak jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Jangan hanya ikut-ikutan orang lain dalam memutuskan masalah pemilihan paud untuk anak. Anda harus selektif. Jangan sampai penyesalan akan anda dapatkan ketika sudah terlanjur memasukkan anak anda di salah satu paud yang ternyata tidak sesuai harapan anda. Bagaimana tips untuk memilih paud yang baik? simak dibawah ini.

paudInilah beberapa tips memilih paud untuk anak anda :

1. Pilih paud yang memiliki durasi pembelajaran selama 4 jam dan memiliki frekuensi berselang 1-3 hari atau 2 jam perhari. Hal ini cukup penting untuk anda perhatikan, mengingat anak sangat mudah merasa bosan. 

2. Lebih disarankan untuk menjatuhkan pilihan pada paud yang mempunyai jarak terdekat dari rumah. Hal ini cukup penting untuk anda sadari, karena jika paud berjarak cukup jauh dari rumah, maka anak anda bisa merasa kelelahan ketika sampai di sekolah. Jika sudah begini, maka tidak akan efektif dan proses pembelajaran pun tidak akan terserap maksimal oleh anak anda.

3. Memperhatikan kurikulum.
Hal ini juga perlu anda perhatikan mengingat pihak sekolah mempunyai penawaran kurikulum nasional dan internasional. Lebih baik anda mempertimbangkan dengan matang, karena kurikulum internasional tentu lebih mahal biayanya. Anda harus menanyakan pada diri anda apakah anak anda sudah memerlukan dan pantas mengikuti dan mendapatkan kurikulum tersebut.

4. Perhatikan perbandingan tenaga pengajar dan murid
Idealnya, perbandingan yang efektif adalah 5 orang murid berbanding 1 orang guru pengajar. Jika anda mendapati perbandingan yang timpang, maka anda pantas mempertimbangkan lagi apakah anda harus mencari paud lain atau tidak. Tetapi dengan melihat perbandingan ideal tersebut, tentu lebih baik anda mencari paud yang sesuai dengan perbandingan ideal tersebut.

5. Bilingual
Sebagai orang tua, mungkin saja anda bercita-cita agar kelak anak anda pandai dan menguasai bahasa asing. Jika keinginan anda memang seperti ini, maka lebih baik anda memilih sekolah yang menerapkan bahasa pengantar asing atau bilingual sebagai pilihan anda. Hal ini cukup penting untuk anda perhatikan. Lebih disarankan untuk mencari sekolah dengan pengajar native speaker dengan tujuan anak anda lancar dalam hal pengucapan bahasa asing. 

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai tips memilih paud untuk anak tersebut. Basic pendidikan yang tepat akan melahirkan generasi yang berkualitas di masa depan. Jangan sampai anak anda tertinggal dalam hal pendidikan mereka untuk bekal kehidupan di masa mendatang. Baca juga yang ini, cara menghilangkan kejenuhan. Semoga bermanfaat untuk anda.
Advertisement