TIPS MENJADI GURU YANG BAIK

Menjadi seorang guru yang disayangi para murid tentu merupakan keinginan para guru. Proses belajar mengajar tentu tidak akan bisa terwujud apabila guru sebagai salah satu komponen pokok dalam dunia pendidikan, yang bertugas menyampaikan, menjadi perantara dan menjadi tempat bertanya bagi para murid tidak bisa bekerja secara maksimal. Seorang guru yang berkualitas tentu akan dapat menghasilkan murid yang jempolan.

guru

1. Sabar
Jadilah seorang guru yang sabar kepada para murid agar para murid tidak menjadi takut kepada gurunya. Anak didik memang perlu sentuhan yang tulus untuk bisa menjadi baik.

2. Tegas
Tegas berbeda dengan keras. Anda memang harus tegas, salah dan benar harus jelas. Hindari kekerasan kepada anak didik. Ketika anda tegas, maka para murid juga akan lebih menghargai ketegasan anda.

3. Menguasai materi
Sebagai penyampai tentu seorang guru dituntut untuk bisa benar-benar menguasai materi pelajaran. Jangan sampai malas membuka kembali materi yang mungkin terlupakan.

4. Kreatif
Jadi guru yang kreatif akan membuat suasana kelas menjadi lebih hidup. Kebosanan para murid bisa jadi terminimalisir. Berikan kejutan-kejutan baru yang bersifat positif dan membangun untuk para siswa.

5. Mencari referensi
Saat ini para guru dituntut untuk melek teknologi. Hal ini erat kaitannya dengan penguasaan dan pengembangan materi pelajaran. Dengan anda mencari referensi dari berbagai sumber, tentu secara kualitas otomatis wawasan yang mampu diserap juga akan ikut meningkat. Hal ini akan berdampak positif bagi para murid.

6. Evaluasi
Evaluasi kinerja yang bagus akan melahirkan solusi dan gebrakan-gebrakan baru dari kinerja yang telah dilalui. Dengan memberikan porsi evaluasi yang mantap dan berkesinambungan, tentu saja hambatan yang mungkin ada dalam proses belajar emngajar dapat diatasi. Tidak menutup kemungkinan dapat memberikan ide-ide brilian untuk kemajuan pendidikan itu sendiri.

Itulah beberapa tips menjadi guru yang baik tersebut. Mungkin hanya bersifat saran atau masukan yang mungkin saja bisa memberikan efek positif bagi para guru dimanapun berada. Kemajuan dan masa depan bangsa ini tidak lepas dari campur tangan para guru. Semoga sukses.
Load disqus comments

0 komentar