BAHAYA BERAT BADAN BERLEBIHAN PADA BAYI

Smilewithismail - Bahaya berat badan berlebihan pada bayi - Sebagai orang tua, tentu sudah lumrah apabila berjuang mati-matian untuk mengurus, mengasuh dan memberikan asupan gizi terbaik bagi anak-anaknya. Banyak anggapan bahwa jika bayi yang gemuk itu justru sehat dan menggemaskan. Wah, apa tidak salah? mungkin saja tidak salah namun juga belum sepenuhnya benar. Karena, ternyata ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa jika berat badan bayi yang berlebihan justru dapat menimbulkan resiko yang cukup berbahaya.

bahaya berat badan berlebihan pada bayi
[picture: blogspot.com]

Mungkin anda sebagai orang tua merasa wajib dan akan merasa senang ketika putra putri anda terlihat sehat dan berbadan gemuk. "Wah bayinya gemesin banget ya bu, badannya gemuk". Mungkin ungkapan seperti ini seringkali terlontar entah itu dari teman, tetangga atau siapapun yang melihat bayi anda yang mungkin termasuk bayi gemuk. Coba anda perhatikan lagi, masih wajarkah kelebihan berat badan bayi anda.

Seperti dikutip oleh merdeka.com, kami menemukan informasi yang cukup jelas mengenai hal ini. Didalam informasi yang kami temukan tersebut, disitu dikatakan bahwa dari 3 orang anak maka akan ada kemungkinan 1 diantaranya akan mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Dijelaskan bahwa masalah seperti ini biasa muncul pada masa dimana bayi belum bisa berjalan. Bahkan, disana juga dijelaskan bahwa sudah ada kemungkinan obesitas pada kurang lebih 1/3 dari anak yang berusia 9 bulan. Pernyataan ini bukan mengada-ada, karena memang dinyatakan dari hasil studi yang dilakukan di American Journal of Health Promotion. 

Ada sebuah pertanyaan dan penjelasan yang akan kami kutipkan dari merdeka.com berikut ini :
Jadi jika bayi Anda memiliki ekstra lipatan di tubuhnya, itu hanya lemak bayi atau sesuatu yang lebih?
"Itu semua tergantung," kata Dr Dyan Hes, direktur medis dari Pediatrics di Gramercy di New York City dan anggota dewan dari American Board of Obesitas Medicine seperti dilansir Fox News (30/6). Dia menambahkan ada beberapa alasan mengapa bayi mengalami kelebihan berat badan.

Jika kita berbicara masalah obesitas, memang obesitas disebabkan oleh adanya faktor pemicu. Ada dua faktor yang sangat dominan, yaitu faktor keturunan dan faktor gaya hidup. Kombinasi dari dua faktor itu akan sangat mungkin menyebabkan adanya obesitas pada anak. Jadi, secara gampang dapat diambil kesimpulan, seorang anak yang memiliki orang tua yang juga mengalami obesitas, maka kemungkinan sang anak untuk mengalami obesitas juga sangat mungkin terjadi, namun kombinasi dari faktor orang tua dan gaya hidup lah yang besar kemungkinan menyebabkan obesitas pada anak.

Apabila ada seorang ibu yang menderita gestasional diabetes sedang mengandung dan kemudian melahirkan seorang bayi, maka besar kemungkinan bayi yang dilahirkannya akan memiliki berat badan yang berlebih juga akan sangat besar. Ini adalah analisa dari faktor genetik atau keturunan.

Lalu bagaimana dengan gaya hidup? gaya hidup yang mempengaruhi terjadinya berat badan berlebih ini biasanya dapat disebabkan oleh adanya pemberian susu formula. Bericara masalah susu formula, pada kesempatan sebelumnya kami juga sudah pernah memberikan beberapa tips dalam pemilihan susu formula untuk bayi, coba anda baca ini : cara memilih susu formula yang tepat untuk bayi

Pemberian susu formula berlebih ini akan memicu adanya sebuah energi yang berlebih pada bayi anda dan sudah terlampau melebihi kebutuhan dari sang bayi. Coba anda bayangkan, jika bayi anda begitu getol meminum susu formula dalam jumlah berlebih, sementara sang bayi tidak melakukan aktifitas fisik yang cukup. Belum lagi dengan adanya pola konsumsi makan yang tergolong tidak seimbang. Nah, inilah salah satu kondisi yang bisa mengakibatkan berat badan berlebihan pada bayi.

Berbicara berat badan berlebihan pada bayi, tentu tidak akan lengkap jika tidak membahas mengenai apa saja bahaya yang bisa ditimbulkan dari adanya berat badan berlebih pada bayi ini. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat dibawah ini.

Berikut beberapa bahaya berat badan berlebihan pada bayi :
- Adanya gangguan pertumbuhan pada tulang 
- Kemungkinan terjadi obesitas
- Coba perhatikan, bayi gemuk cenderung memiliki pergerakan yang lebih lamban
- Kemungkinan terjadinya nafas pendek. Hal ini karena adanya pembesaran kelenjar toksil atau sering disebut amandel dan adenoid. Jika hal ini terjadi, maka akan terjadi kekurangan oksigen karena saluran nafas atas akan tertutup.
- Akan memicu terjadinya diabetes dan tekanan darah tinggi apabila kegemukan ini terus berlangsung dan berlanjut.
- Akan mengalami masa pubertas yang lebih cepat atau lebih dini.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai apa saja bahaya yang bisa diakibatkan oleh adanya kegemukan atau kelebihan berat badan pada seorang bayi. Bagi anda sebagai orang tua yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap diri anak anda, maka sangat disarankan untuk terus memantau tumbuh kembang anak anda. Perhatikan dan amati dengan serius perkembangan dan kesehatan anak anda untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 komentar