TIPS AMAN MUDIK DENGAN SEPEDA MOTOR

Sepertinya sudah banyak yang tahu ya, bahwa di Indonesia ini ada sebuah tradisi yang cukup unik, yaitu mudik. Apa sih mudik itu, dan kenapa sih banyak orang yang melakukan itu? ya, di negara Indonesia, memang tradisi mudik menjadi salah satu fenomena yang begitu luar biasa dan istimewa. Pulang kampung, itu istilah gampangnya. Kapan ini dilakukan? ya, setelah puasa hampir selesai, akhir bulan puasa menjelang hari lebaran. Satu minggu sampai satu hari jelang hari H lebaran, inilah saat yang paling banyak digunakan oleh para pemudik untuk pulang kekampung halamannya.

tips aman mudik dengan sepeda motor

Tradisi sungkem, silaturahmi bertemu dengan teman, keluarga dan sanak saudara merupakan tujuan utama dari aktifitas mudik. Cuma itu? mungkin ada sih tujuan lain, tetapi yang paling pokok ya itu, bersilaturahmi. Siapa yang melakukan mudik? biasanya, orang yang berada jauh dari kampung halaman mereka, paling menocolok sih yang kerja dijakarta, Ibukota Indonesia. Sebenarnya sih ada wilayah lain, tetapi yang paling disorot adalah para pemudik yang melakukan perjalanan mudiknya dari Jakarta.

Bicara soal mudik, tentu akan sangat kompleks sekali. Membayangkan betapa ribet dan macetnya perjalanan mudik saja, rasanya sudah seperti itu, apalagi sang pelaku mudik. Nah, terkait dengan hal ini, tentu saja kita bisa mengambil salah satu sisi, yaitu keamanan saat perjalanan mudik. Tentu sudah banyak yang tahu, bahwa banyak orang yang saat ini memilih melakukan perjalanan mudiknya dengan mengendarai sepeda motor, roda dua. Namun, tidak sedikit juga yang memilih trnasportasi massal seperti bus dan kereta api. Ada juga yang memilih memakai mobil preibadi mereka.

Nah, yang kita sorot adalah bagi mereka para pemudik yang menggunakan sepeda motor. Menggunakan sepeda motor memang cenderung lebih cepat, karena bisa menyelip disela-sela kemcetan dan bisa melewati jalan pintas yang sempit. Akan tetapi, jangan sampai melupakan keamanan. 

1. Pastikan anda mempersiapkan sepeda motor anda
Pastikan dulu, persiapan mengecek, menservis dan mengetahui kesehatan sepeda motor anda sebelum anda menggunakannya untuk mudik. Cek semua bagian motor anda, mulai dari ban, mesin dan bagian-bagian penting lainnya. Jika yakin, sudah fit dan oke, anda bisa memakainya untuk pulang kampung.

2. Pakailah alat keamanan yang memadai
Jangan lupakan, jaket, sepatu, helm, jas hujan dan pendukung perjalanan motor lainnya. Untuk urusan pemilihan helm yang baik, anda bisa membaca artikel ini, tips membeli helm yang baik. Nah, pilihlah pendukung dan peralatan perjalanan yang berkualitas. Jangan sampai ala kadarnya anda pakai. Karena, peralatan yang anda pakai bisa menjadi salah satu kenyamanan dan keamanan perjalanan mudik anda.

3. Hindari berboncengan yang melebihi batas
Banyak kan orang yang nekat memaksakan diri menyiksa sepeda motornya dengan berboncengan yang melebihi batas? bayangkan bisa sampai 3-5 orang sekaligus. Ini sangat berbahaya, selain tidak nyaman, akan sangat riskan untuk keselamatan anda . Lebih baik, pikirkan, pertimbangkan dahulu, jika memang anggota keluarga anda sudah agak banyak, mendingan memilih alat transportasi lain daripada mempergunakan sepeda motor. Selain itu, nanti juga bisa kena tilang pak polisi. Pokoknya, kalau mudik dengan sepeda motor, usahakan penumpangnya jangan sampai berlebihan.

4. Jika cape,ngantuk ya istirahat dulu
Banyak orang yang tidak menghiraukan kondisi tubuh mereka. Kesehatan dan kondisi yang fit sangat perlu untuk diperhatikan. Salah satu kendala yang biasa menyerang pemudik bermotor adalah ngantuk dan lelah. Jika memang anda merasakan badan anda lelah, ngantuk lebih baik segera hentikan dulu perjalanan anda dan carilah tempat istirahat. Banyak kan tempat istirahat yang disediakan saat masa mudik? karena, jika dipaksakan, bisa berujung pada terjadinya kecelakaan.  Lebih baik utamakan keselamatan daripada terburu-buru sampai tujuan. Agak mundur sedikit sampainya, tidak menjadi soal, yang penting selamat sampai tujuan.

5. Persiapkan kondisi kesehatan tubuh anda
Sebelum mudik, anda harus mempersiapkan fisik dan mental anda secara keseluruhan dan secara serius, baik. Pastikan, anda benar-benar telah siap untuk melakukan perjalan yang jauh. Karena, perjalanan yang jauh memang membutuhkan kondisi fisik dan mental yang bagus dan harus bisa terus fokus.

6. Tidak usah ngebut dan terburu-buru
Jaga kecepatan anda, jangan terlalu ngebut. Kondisi jalan biasanya sangat ramai dan macet saat mudik. Jika anda sedang melewati jalan yang lumayan lengang, jangan sampai lupa, jaga kecepatan anda. Jika terburu-buru dan ngebut, bisa jadi akan menyebabkan kecelakaan. Jadi, biasa-biasa saja ya saat menggebeer sepeda motor anda.

7. Santai dan sabar
Usahakan anda menikmati perjalan jauh anda. Nikmati setiap kilometer yang anda tempuh. Kalaupun anda bertemu macet yang panjang dan lama, lebih baik anda jaga sikap sabar anda. Memang, bukan hanya anda yang ingin pulang kampung, jadi sama-sama mengerti lah antara sesama pemudik. Ini akan jauh merinagnkan beban perjalan anda, daripada anda marah-marah karena macet, lebih baik nikmati dan tersenyumlah, maka suasana akan menjadi santai dan menyenangkan.

8. Membawa bekal yang cukup
Bawalah bekal dari rumah, semisal makanan atau cadangan onderdil motor. Ini penting, karena anda akan memerlukan makanan dan minuman selama anda melakukan perjalanan mudik. Onderdil motor, seperti busi bisa anda persiapkan dari rumah sebelum bersangkat. Bisa jadi busi anda soak di jalan, maka anda bisa menggantinya sendiri dengan cepat. 

9. Berdoa
Jangan lupakan untuk berdoa sebelum dan selam perjalan mudik anda. Mintalah kepada Tuhan YME, perlindungan dan keselamatan dalam perjalanan mudik anda. 

Nah, itulah sedikit tips aman mudik dengan sepeda motor yang dapat kami berikan untuk anda semua. Semoga bermanfaat, selamat hari lebaran dan selamat melakukan mudik untuk anda yang memang akan mudik. Utamakanlah keselamatan anda dan keluarga. Semoga anda semua selamat sampai tujuan. Terimakasih.
Load disqus comments

0 komentar