PENTINGNYA MENJAGA KUALITAS PRODUK

Smilewithismail - Setiap bisnis atau usaha yang sedang dijalankan, memang membutuhkan berbagai macam ide, strategi, modal, ketahanan mental dan mungkin saja pentingnya menjaga kualitas produk disaat usaha atau bisnis sudah mencapai tahap berjalan dan berkembang dengan pesat. Terkadang para pengusaha atau pebisnis terlena, karena beranggapan bahwa produknya sudah terkenal di pasaran, masyarakat sudah mengakui dan mempercayai produk yang ditawarkan. Ini bisa menjadi bumerang yang bisa menyerang dan melumpuhkan sebuah usaha.

pentingnya menjaga kualitas produk
gambar : © republika.co.id

Jangan sampai menodai kepercayaan konsumen, bagaimanapun juga pembeli atau konsumen itu adalah raja. Mereka bisa saja berpaling  ke lain hati untuk membeli produk yang sama di tempat lainnya jika mereka tahu bahwa produk yang mereka percayai selama ini sudah menurun kualitasnya. Kualitas sangat penting untuk dikedepankan. Memang, mungkin saja membutuhkan pengorbanan dan kesiapan yang tidak sedikit dan mudah. Untuk bisa menjaga kualitas produk, sudah pasti memerlukan komitmen dan ketegasan yang kuat.

Bisa jadi, di tengah perjalanan ada perubahan yang mungkin saja menyudutkan pihak pengusaha. Misalnya saja, harga bahan dasar produk naik sangat tajam, tetapi lebih baik usahakan jangan sampai mengurangi kualitas produk. Masyarakat atau konsumen akan bisa dengan mudah melihat dan menilai. Terkadang, memang bisa saja harus "nomboki" atau menutupi kekurangan biaya yang ada demi menjaga kualitas produk. Tidak mudah, tetapi inti dari semua ini adalah menjaga kepercayaan konsumen. Konsumen yang loyal, bisa saja dengan mudah megeluarkan biaya lebih jika memang mereka melihat dan percaya bahwa kualitas produk yang mereka beli memang tetap terjaga, ini bisa saja terjadi karena banyak juga konsumen yang tidak terlalu keberatan dengan kenaikan yang ada, karena mereka juga bisa membaca dengan mudah dari berbagai sumber bahwa memang harga bahan dasarnya memang sedang melonjak tinggi. Jadi, jangan menodai kepercayaan yang sudah ada. 

Demi keberlangsungan bisnis / usaha, salah satu kuncinya terletak pada kehandalan produk. Yang dijual adalah sebuah produk / barang dagangan / jasa. Usahakan yang terbaik demi kenyamanan konsumen. Jika hal ini terus dijaga, tidak akan mustahil bila usaha yang digeluti akan tetap bertahan dan bisa jadi justru semakin berkembang pesat. Nah, inilah sedikit tulisan mengenai pentingnya menjaga kualitas produk. Semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 komentar