KENAPA SERING SENDAWA ?

Sudah lumrah jika setiap orang mengalami yang namanya sendawa. Ini adalah proses alami tubuh yang bisa terjadi kapan saja. Namun, tidak sedikit orang yang belum mengetahui kira-kira kenapa yang kok saya mengalami sendawa yang terlampau sering? Sebuah topik yang sangat bagus untuk dibahas ya. Mungkin anda ingat, sehabis anda makan, biasanya anda akan mengalami sendawa. Sepertinya ini wajar ya.

Tubuh kita sebenarnya sudah begitu jelas memberikan berbagai peringatan dan tanda apabila didalam tubuh ada sesuatu yang tidak beres. Mungkin kita saja yang tidak terlalu meresponnya. Termasuk juga dengan sendawa ini. Sendawa juga merupakan sebuah peringatan atau tanda yang dikirimkan oleh tubuh kita. Jika terlampau sering sendawa, ini ada tanda yang ingin dikatakan oleh tubuh kita, tapi apa itu?

kenapa sering sendawa

Oke, kami baru saja membca sebuah referensi di sebuah portal berita yang sudah besar dari Indonesia, kompas.com. Disana ada sebauh artikel yang membahas mengenai hal ini. Menurut yang kami baca dan kami serap, pengertian / penjelasan singkat mengenai sendawa adalah sebuah proses pengeluaran gas dari dalam perut kita. Mungkin inilah alasan mengapa kita biasa setelah makan bersendawa. 

Lebih lanjut lagi, disana [di kompas.com] ada beberapa pernyataan dari seorang dokter yang khusus memperhatikan bidang gaya hidup, beliau bernama dr. Grace Judio-Kahl MSc, MH, CHt. Nah, menurut beliau, sendawa terjadi oleh karena adanya gas yang tertangkap diantara saluran pencernaan atas dan bawah. Nah, untuk mengembalikan kenyamanan perut kita, gas ini harus segera dikeluarkan.

Jadi, sekarang anda bisa lebih mengerti bukan, kenapa alasan kita mengalami sendawa? 

Siapa diantara anda yang pernah atau sering mengalami intensitas sendawa yang terlalu sering? jika sendawa masih dalam taraf wajar sih sepertinya ini sangat normal dan tidak perlu berfikir macam-macam. Namun, apabila ternyata anda mengalami sendawa yang sering, anda perlu memperhatikan hal ini.

Gangguan dalam sistem pencernaan biasanya akibat adanya pola makan yang tidak seimbang. Menurut dr. Grace, hal ini akan mengakibatkan terjadinya ketidakseimbangan pada enzim yang akan berdampak pada terjadinya sering sendawa.

Menurut referensi yang kami dapatkan, dalam satu hari setiap orang akan menghasilkan gas sebanyak 0,5 liter s/d 1 liter. Gas ini akan dikeluarkan 1 sampai 4 kali.

Menurut dr. Grace, beliau sangat memperhatikan dan menyoroti soal mengkonsumsi daging yang berlebihan. Sayuran diabaikan, padahal sayuran penting sekali. Perlu anda tahu, bahwa daging lebih banyak memerlukan usaha saat mencernanya. Membutuhkan usaha enzim pencernaan yang lebih, diantaranya adalah protease, amilase,lipase untuk proses pengolahannya. Padahal, semua ini tidak selalu bisa dipenuhi oleh sistem pencernaa kita, oleh karena itu kondisi kekurangan enzim pencernaan seperti inilah yang bisa memicu terjadinya sering sendawa.  

Seperti yang diungkapkan oleh dr. Grace, ketika sering mengalami sendawa sangat disarankan untuk segera memperhatikan pola makan, usahakan agar seimbang antara sayur, buah dan makanan pokok. Makan seperti daging membutuhkan enzim yang lebih banyak untuk mencernanya.  Nah, dengan mengimbangi dengan sayuran dan buah maka anda bisa terhindar dari sering sendawa, karena buah dan sayur begitu kaya serat dan tidak memerlukan banyak enzim pencernaan untuk mencernanya / mengolahnya. Menurut beliau [dr. Grace], sebisa mungkin agar berusaha mengatur pola konsumsi dengan seimbang. Menurut beliau, usahakan untuk mengkonsumsi / mencukupi kebutuhan serat sekitar 25 s/d 30 gram dalam sehari. Ini sama bobotnya dengan 3 mangkuk sayur dan buah. Nah, bagaimana, selamat mencoba semoga bisa terbebas dari sendawa yang terlalu sering dan semoga tetap sehat selalu untuk anda semua. [admin]
Load disqus comments

0 komentar