TIPS SUKSES MENJALANKAN BISNIS ONLINE

Smilewithismail - Menjalankan bisnis untuk saat ini, mungkin bisa dikatakan tidaklah serumit jaman dulu. Mungkin, jaman dulu, jika ingin memiliki bisnis haruslah memiliki tempat, modal dan barang dagangan yang mencukupi terlebih dahulu. Namun, itu dulu, sekarang sudah lain cerita. Dengan memanfaatkan sentuhan teknologi, semua kegiatan bisnis menjadi terasa lebih simpel. Sudah banyak yang menjalankan bisnis online, dan terbukti tidak sedikit yang telah meraup pundi-pundi keuntungan yang melimpah ruah dari bisnis online yang dijalankannya.

tips sukses menjalankan bisnis online

Sebenarnya, apa sih itu bisnis online? pada dasarnya sama saja dengan berbagai macam bisnis, cuma yang menjadi perbedaan adalah dengan melibatkan internet didalamnya. Internet sudah sangat dikenal saat ini, tergantung bagaimana mensikapi dan memanfaatkannya. Internet bisa digunakan untuk hal-hal posistif, namun bisa juga sebaliknya. terkait dalam urusan bisnis, tentu saja manfaat posistif lah dari internetlah yang dimanfaatkan.

Bisnis online bisa memangkas modal yang cukup lumayan, bahkan terbilang besar. Jika dahulu orang yang ingin menjual produk atau berbagai bisnis lainnya haruslah punya barang dagangan dan tempat untuk jualan, dengan bisnis online masalah tempat bisa dikatakan tidak perlu anda pikirkan, karena tanpa memiliki toko pun anda masih bisa memasarkan barang dagangan / produk-produk anda. Jangkauan bisnis online pun lebih luas dibandingkan dengan bisnis offline, karena internet bisa diakses oleh siapa saja dan darimana saja. Untuk urusan produk, dalam dunia bisnis online saat ini, bisa dikatakan tidak harus punya produk yang akan dijual, karena anda bisa menjualkan produk orang lain. Jadi, bisa dikatakan bisnis online itu nyaris tanpa modal. Mungkin yang diperlukan adalah koneksi internet.

Apa saja hal-hal yang perlu diketahui dan dipraktekkan sebelum dan selama menjalankan bisnis online? kami mendapatkan sebuah referensi dari detik.com, dimana didalam artikel tersebut dijelaskan dengan gamblang mengenai beberapa tips dari seorang Tung Desem Waringin. Tentu anda tahu siapa beliau, seorang motivator bisnis yang jempolan dan sukses. Ingin tahu lebih lanjut? kami telah merangkumkannya dengan bahasa kami sendiri dengan tanpa meninggalkan poin penting yang ada. Silahkan anda baca beberapa tipsnya dibawah ini.

Berikut ini adalah beberapa tips sukses menjalankan bisnis online :

1. Carilah pengetahuan dan pengalaman mengenai bisnis online terlebih dahulu
Sama saja, sebelum bertindak anda harus belajar terlebih dahulu. Jangan sampai anda hanya bermodal nekad dan ngawur tanpa mau mengetahui seluk beluk bisnis online yang akan anda tekumi / jalankan. Pertama anda harus berusaha mengevaluasi diri anda, mencari segala informasi mengenai apa itu bisnis online, bagaimana cara menjalankannya dengan baik dan benar. Nah, jika anda sudah mengerti, maka anda tidak akan mengalami / meminimalisir kesalahan dalam bisnis online dan anda pun akan bisa mendapatkan keuntungan yang anda inginkan dari bisnis online.

2. Memikirkan dan mengamati peluang usaha
Disaat keputusan untuk menjalankan bisnis anda sudah benar-benar bulat, maka langkah selanjutnya yang perlu anda persiapkan adalah mengamati minat pasar. coba amati produk atau bidang apa yang banyak diminati oleh konsumen / pasar. Hal ini sangat penting, karena jika anda menjual produk yang memang menarik minat konsumen, maka peluang yang lebih besar akan anda peroleh untuk bisa menjual produk anda. Dengan begitu, anda bisa lebih mudah mendapatkan keuntungan.

3. Perlunya menyusun konsep bisnis anda
Untuk bisa sukses, memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Bisnis online juga memerlukan konsep bisnis yang jelas dan terperinci dengan baik. Salah satu analisis yang bisa anda gunakan atau anda terpakan adalah analisis SWOT yang merupakan singkatan dari (strength, weakness, opportunity, dan threat). Visi misi usaha anda harus jelas, jangan asal-asalan. Kemajuan usaha anda juga ditentukan oleh konsep dari bisnis anda. Semakin baik konsep bisnis anda, maka kesuksesan pun akan semakin dekat kepada anda.

4. Sumber dana
Seperti yang sudah kami tulis diatas, didalam bisnis online anda bisa mendapatkan satu keuntungan, dimana anda tidak perlu repot-repot memikirkan masalah tempat. Dengan tidak diperlukannya tempat, maka secara otomatis modal yang anda keluarkan pun akan semakin minim. Hanya barang / produk saja ayng perlu anda pikirkan dan persiapkan. Biasanya dalam beberapa waktu kedepan, anda akan bisa segera bisa mengembalikan modal awal yang telah anda keluarkan. 

5. Sentuhan sosial media yang sangat dahsyat untuk promosi
Siapa yang tidak kenal sosial media semacam Facebook dan Twitter? entah berapa juta orang yang setiap harinya online didalam media sosial tersebut. dalam dunia bisnis online, anda bisa memanfaatkan kondisi ini untuk meraih keuntungan yang berlipat ganda dari para pengguna sosial media. Cobalah untuk promosi di sosial media, dan segera rasakan limpahan kunjungan ke situs bisnis online anda. Sosial media memang sangat mumpuni dalam mendukung bisnis online.

Nah, semoga apa yang telah kami sampaikan mengenai beberapa tips sukses menjalankan bisnis online ini bisa memberikan pencerahan kepada anda sebelum amda terjun kedalam bisnis online. Jangan mudah menyerah ketika kesuksesan dalam berbisnis tak kunjung anda peroleh, jaga sikap mental baja saat melakoni bisnis,. bisnis apapun itu, termasuk juga bisnis online ini. Mungkin anda juga terrtarik untuk membaca informasi ini : bahaya berat badan berlebihan pada bayi. Semoga sukses selalu untuk anda semua. [admin]
Load disqus comments

0 komentar