CARA MENCEGAH KANKER KULIT SEJAK DINI


Smilewithismail - Kesehatan, adalah yang utama. Jika sakit, siapa yang akan rugi? kita sendiri yang akan merasa sedih dan biasanya kalau sudah berobat kerumah sakit, apalagi penyakitnya penyakit keras / berat, wah, dapat dipastikan akan menelan biaya yang tidak sedikit. Seolah duit tidak ada artinya lagi kalau sudah begini. Benar kan?

mencegah kanker kulit

Apakah anda pernah mendengar istilah kanker kulit? iya, salah satu penyakit yang banyak ditakuti oleh hampir semua orang di seluruh dunia. Padahal, sebenarnya banyak sekali langkah preventif yang bisa anda lakukan sejak dini untuk mencegah terjadinya kanker kulit ini. Sulitkah? sepertinya tidak sulit, asalakan benar-benar serius dan kontinyu.

Kanker kulit memang sangat berbahaya. Bagaimanapun juga, kesehatan kulit sangat mahal harganya. Bayangkan, jika kulit anda mengalami kanker kulit, maka dapat dipastikan anda akan sangat menderita. Untuk itulah lebih baik kita berusaha mencegah agar tidak terjadi kanker kulit. Ada sebuah ungkapan yang mengatakan bahwa, “mencegah lebih baik daripada mengobati”.

Berbagai sumber referensi yang kami baca mengatakan bahwasanya kemungkinan pria terkena kanker kulit lebih besar dibandingkan kemungkinan yang terjadfi pada kaum wanita. Perbandingannya sekitar 2:1. Jadi, mulai sekarang berhati-hatilah terhadap kemungkinan terjadinya kanker kulit. .

Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan, bagaimana mencegah terjadinya kanker kulit sejak dini. Intinya, anda harus lebih perhatian terhadap hal-hal yang bisa memicu terjadinya kanker kulit di masa yang akan datang. Biasanya, puncak kanker kulit terjadi pada usia 51 s/d 60 tahun. 

Berikut beberapa cara mencegah kanker kulit sejak dini yang bisa anda baca dibawah ini :

a) Pakailah topi saat beraktifitas diluar ruanagan di siang hari.

b) Biasakan diri untuk menjalankan pola hidup sehat
Pola hidup yang sehat memang sangat dianjurkan. Kebersihan kulit memang wajib dijaga. Jika kulit anda bersih, maka kulit anda akan sehat dan bisa terbebas dari berbagai macam penyakit kulit, salah satunya adalah penyakit kanker kulit.

c) Pakailah busana lengan panjang dan tertutup saat anda berada diluar ruangan. 
Cara ini memang sangat dianjurkan, agar kulit anda tidak terpapar sinar matahari secara langsung. 

d) Carilah tempat untuk berteduh apabila anda sedang berada diluar ruangan saat siang hari.

e) Lebih baik kurangi atau hindari aktifitas tanning
Dikalangan barat, berjemur merupakan salah satu kegiatan favorit. Menggelapkan kulit atau tanning memang sangat menyenangkan dan banyak diminati. Apalagi bagi yang mendambakan kulit yang eksotis, pasti akan sangat bersemangat melakukan tanning. Namun, hal ini memiliki dampak buruk. Salah satu yang berbahaya adalah kanker kulit. Jadi, lebih baik kurangi atau hindari tanning. 

f) Konsultasi kepada dokter
Coba anda perhatikan, apabila anda melihat satu bintik-bintik pada kulit anda dan terasa sangat gatal dan berdarah, harap anda berhati-hati dan segera berkonsultasi kepada dokter kulit. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan kesehatan kulit anda, apakah bintik tersebut adalah awal mula kanker kulit atau bukan. 

g) Penggunaan sunscreen memang sangat membantu. Sunscreen dengan SPF>30 bisa anda gunakan, tepatnya 30 menit sebelum anda mulai beraktifitas diluar ruangan.

h) Hindari sengatan sinar matahari terpanas
Sebisa mungkin hindarilah sengatan sinar matahari yang sangat berbahaya pada siang hari yang dapat memicu terjadinya kanker kulit. Coba perhatikanlah, apabila bayangan anda terlihat lebih pendek dari tinggi badan anda, maka dapat dipastikan saat itu adalah saat sengatan terkuat dari sinar matahari. 

i). Pakailah kacamata saat bepergian di siang hari. UVA dan UVB cukup berbahaya, karena pemakaian kacamata dapat melindungi mata dan kulit anda dari terpaan UVA dan UVB.

j) Obat herbal juga bisa menjadi solusi untuk mencegah kanker kulit. 

Itulah beberapa point tips cara mencegah kanker kulit sejak dini yang bisa kami hadirkan utnuk anda. Intinya, kembali kepada diri anda pribadi. Jika anda menaruh perhatian lebih kepada kesehatan anda, maka tubuh anda apun akan memberikan imbal balik yang setimpal. Anda akan sehat selalu, sehingga bisa menikmati indahnya hidup ini. 
Load disqus comments

0 komentar