Bisnis Angkringan : Usaha Modal Minim dan Menghasilkan

Smilewithismail - Angkringan, begitulah istilah warung yang biasa ada di banyak tempat. Sudah banyak masyarakat umum yang telah biasa mendengar dan mengenal. Mungkin bisa dikatakan angkringan identik dengan kaum menengah ke bawah. Suasana warungnya yang khas, sederhana  namun banyak menyajikan menu makanan dan cemilan yang mungkin berbeda dari warung-warung besar. 

Sego kucing, itu adalah menu andalan khas angkringan. Sego kucing ini berasal dari bahasa jawa yang artinya sego=nasi, kucing=kucing. Satu bungkus nasi kucing biasanya hanya berisi sedikit nasi dan ada embel-embel sambal atau beberapa helai daging bandeng,terik tempe dan lain sebagainya. Walau sederhana tetapi rasanya nikmat, apalagi jika sedang lapar.

bisnsis angkringan
bisnis warung angkringan

Angkringan, berasal dari kata nangkring. Artinya mungkin hampir mirip dengan kata nongkrong. Suasananya yang santai dan bersahaja membuat paar pengunjung yang datang bisa saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Penjualnya pun biasanya juga sangat enak diajak ngobrol. Apalagi kalau sudah akrab dan sudah biasa nongkrong disitu, wah bisa seperti keluarga sendiri rasanya.

Di kota Solo, Jogja dan beberapa kota besar lainnya telah banyak menjamur angkringan. Apalagi di Jogja dan Solo yang notabene ada universitasnya. Terutama Jogja, karena banyak sekali mahasiswa yang lebih senang makan di angkringan. Sambil bareng teman-temannya ngobrol sampai larut walaupun hanya makan menu biasa saja namun ada rasa yang berbeda.

Menunya sih biasa saja, ada nasi kucing, gorengan,minuman seperti es teh, es jeruk, susu jahe dan lain sebagainya. Namun, ada pula disisipkan menu cemilan dan makanan lainnya dan biasanya tetap saja laku. Bahkan, orang terkadang lebih senang nongkrong di angkringan. Entah karena alasan dekat dengan rumah, murah dan beberapa gelintir alasan lainnya. Tidak ada yang melarang ketika pergi ke angkringan hanya minum es teh saja sambil santai merokok. Ngoborolnya itu yang membuat betah berlama-lama berada di angkringan. 

Bila anda ingin mencoba melirik angkringan sebagai bisnis anda, sepertinya anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Mungkin hanya kisaran 5 juta kebawah. Lebih bagus lagi bila ada yang sudah mensuplai menu makanannya, anda hanya perlu memasarkannya saja di gerobak angkringan anda.

1. Tentukan dulu target konsumen anda
Biasanya angkringan memang sangat identik dengan masyarakat kaum menengah kebawah. Jadi anda harus peka terhadap kondisi ini. Lokasi yang dekat dengan kampus, universitas, dan pemukiman pekerja pabrik mungkin sangat mendukung untuk dijadikan lahan potensial untuk mencoba menggarap bisnis angkringan ini. Jadi, pastikan dulu sebelum membuka anda survei dulu, kira-kira dimana anda akan membuka usaha warung angkringan anda. Jangan sampai salah memilih segmen konsumen dan lokasi yang tepat.

2. Anda harus memikirkan ciri khas dan keunggulan warung angkringan anda
Sesuatu yang memiliki ciri khas biasanya akan dijadikan patokan oleh orang. Misalnya saja, wah di angkringan dekat perempatan itu enak lho gorengannya. Jadi, anda perlu membangun brand dan menu unggulan yang berbeda dan unik yang dapat dengan mudah dikenal dan disukai pembeli sehingga mampu menjadi magnet pemikat para pembeli untuk datang dan terus kembali datang.

3. Lokasi yang tepat perlu anda survei dan pikirkan
Lokasi bisa dikatakan menjadi salah satu kunci utama sukses tidaknya sebuah usaha, tidak terkecuali bisnis angkringan ini. Jika anda bisa memilih lokasi yang strategis, maka satu langkah maju sudah anda dapatkan. Bayangkan saja, jika anda salah pilih lokasi berjualan, dan kemudian tidak pernah ada yang mampir membeli, apa anda tidak sedih? jika kondisi seperti ini terjadi terus menerus, lama-lama usaha anda bisa gulung tikar. Tentukan, sekiranya lokasi mana yang ramai, dekat dengan warga, aman dan nyaman. Sehingga banyak pembeli yang mampir membeli dagangan angkringan anda. Biasanya, pada malam hari sampai dini hari, akan ada sebagian warga yang pergi keluar karena lapar. Jika anda menemukan lokasi yang potensial dengan masyarakat yang banyak keluar malam untuk mencari makan, anda bisa diuntungkan. Hal ini karena, kebanyakan usaha angkringan buka pada malam hari sampai dini hari/pagi. Namun, tidak semuanya,ada juga yang buka pagi tutup sore hari.

4. Perhitungkan berapa investasi yang harus dikeluarkan dan berapa harga yang akan ditentukan
Penghitungan investasi pokok harus anda hitung dengan pasti. Misalnya dana 5 juta itu untuk modal membuat/membeli gerobak, kursi ,meja dan peralatan lainnya. Nah, agar anda tidak rugi nantinya, anda harus menghitung dengan jelas berapa harga menu makanan yang akan anda jajakan di angkringan anda. Jangan sampai salah menentukan harga dan berujung pada kerugian. 

Baca juga :

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai bisnis angkringan ini. Bisa dikatakan, ini hanyalah sebuah pandangan saja. Siapa tahu diantara anda ada yang sangat berminat untuk mencoba usaha warung angkringan. Sukses untuk anda!
Load disqus comments

0 komentar