Cara Gampang Amankan Akun Facebook

Smilewithismail - Facebook sudah menjadi bagian keseharian sebagian besar masyarakat. Cara mengamankan akun facebook tentu menjadi hal yang amat sangat penting. Jika anda teledor, bisa saja akun anda kena masalah atau jatuh ke tangan orang tak bertanggung jawab. Tentu saja anda tidak pernah ingin hal ini terjadi bukan? untuk itulah mulai sekarang anda harus lebih berhati-hati.

cara gampang amankan akun facebook

Sebenarnya bukanlah hal yang sulit dilakukan untuk mengamankan akun facebook. Asal tahu caranya, semua terasa mudah. Anda harus melakukan beberapa langkah pencegahan. Sepele mungkin, namun efek positifnya begitu terasa dan bisa memberikan rasa aman kepada pemiliki akun facebook. 

Sebenarnya tidak hanya facebook, anda pun harus perhatian terhadap semua akun milik anda di berbagai media sosial, email dan akun-akun penting lainnya. So, sudahkah anda memperhatikan faktor keamanan ini? Kali ini ada beberapa tips mengamankan akun facebook yang  bisa anda terapkan, semoga saja bisa membantu anda yang mungkin belum tahu.


Pertama, buatlah password yang kuat dan hanya anda yang tahu
Hal ini penting agar jika ada orang yang ingin usil atau iseng atau niat jahat lainnya, akan merasa kesulitan saat mencoba login ke akun facebook anda. Tingkat kerumitan password bisa anda kira-kira sendiri, makin kuat tingkat kerumitan password, biasanya makin aman. Hanya saran, coba kombinasikan huruf, angka dan beberapa karakter lainnya. Password yang kuat makin memberikan tingkat keamanan akun facebook anda.

Kedua, anda wajib merahasikan password facebook
Jika mau masuk rumah tidak punya kunci, bagaimana mau masuk? begitu juga dengan password dalam akun facebook. Setiap pemiliki akun facebook pasti punya password masing-masing untuk syarat utama masuk ke akun mereka. Nah, coba bayangkan bila password anda diketahui begitu banyak orang. Pasti akan sangat berbahaya bukan? "kan cuma teman dekat yang tahu" !! Eits, jangan ya, bagaimanapun juga jangan anda sebarkan ke siapapun untuk urusan password. Oke. Cari aman saja, daripada nanti terjadi hal yang tidak anda inginkan. Catat dan simpan password anda agar tidak lupa.

Ketiga, Cobalah fasilitas trusted contacts
Fasilitas trusted contacts yang disediakan facebook bisa anda coba. Masukkanlah akun teman-teman yang paling anda percaya. Kira-kira 3 sampai 5 teman. 
Gunanya ini untuk apa? nanti jika anda kebetulan lupa password, anda bisa memanfaatkan ini untuk minta bantuan teman saat login.
Cara mengaktifkan fitur ini bagaimana?
Cukup mudah kok, Masuk ke facebook anda, kemudian buka settings -->Security settings --Edit bagian trusted contacts -->choose trusted contact -->nanti akan muncul pop up what are trusted contacts? -->klik saja choose trusted contacts-->silahkan masukkan nama teman kepercayaan anda 3-5 orang -->klik confirm. Selesai.

Keempat, Tidak usah terima permintaan facebook dari orang yang tidak pernah anda kenal
Jika kebetulan ada orang yang nge-add anda di facebook, dan anda merasa sama sekali tidak kenal siapa dia, jangan takut untuk "tidak" meneerima permintaan pertemanan tersebut. Bukan apa-apa, cuma untuk mengantisipasi saja. Siapa tahu dia nanti ada maksud yang tidak baik. Akan tetapi, ini hanya saran saja, jika anda ngotot tetap menerima, ya silahkan saja itu pilihan anda. 

Jangan pergi dulu, baca yang ini juga ya :

Semoga informasi singkat tentang cara gampang amankan akun facebook ini bisa memberikan manfaat untuk anda. Sosial media itu sudah dianggap penting, jadi anda harus lebih perhatian kepada akun anda. Semoga akun anda aman. Sampai jumpa!
Load disqus comments

0 komentar