Cara Membuat Kolak Pisang Nikmat Untuk Menu Buka Puasa

Smilewithismail - Cara membuat kolak pisang itu sebenarnya sangat muda lho. Tidak terasa ya bulan Ramadhan sudah mendatangi kita. Isitimewanya apa sih ketika di bulan Ramadhan? puasa dari habis sahur sampai bedug maghrib. Biasanya, kalau saat berbuka telah tiba, muslimin dan muslimah seluruh dunia begitu bersemangat untuk segera berbuka, karena memang kalau buka itu, disegerakan. Apakah anda bingung, padahal pengen banget bikin kolak pisang sendiri, tapi kok belum tahu cara bikinnya :(

Tenang, biasanya wanita lah yang dapet jatah tugas memasak. Urusan makanan, mau menunya apa buat sahur dan buka, dipasrahkan saja ke ibu atau wanita yang ada dalam satu keluarga. Bisa juga sih membeli, tapi kan kurang afdhol rasanya. Ada rasa gimana gitu kalau membuat sendiri menu sahur dan berbukanya. Termasuk membuat kolak pisang ini, paling top untuk menu buka puasa. Banyak yang suka sih.

cara membuat kolak pisang
cara membuat kolak pisang nikmat

Lalu bagaimana resepnya? apakah ribet? sebenarnya tidak ribet kok. Ingin tahu? serius? coba lihat yang berikut ini ya :D

Seperti biasa ya, kalau urusan resep begini, biasa ada bahan apa yang harus disiapkan gitu kan? nah kalau mau bikin kolak pisang coba anda siapkan dulu kebutuhan-kebutuhan bahan berikut ini :

Bahan-bahan :
Gula -
Lalu siapkan yang manis-manisnya, alias siapkan gula ya :D Gulanya gula apa? untuk membuat kolak pisang, anda membutuhkan gula merah (dalam bhs jawa biasa disebut gulo jowo :D ) dan juga gula pasir / gula putih. Berapa gula merahnya?berapa gula putihnya? untuk kebutuhan membuat kolak pisang, siapkan saja masing-masing 1 ons. Jadi, gula merahnya 1 ons dan gula pasirnya 1 ons . :D
Daun pandan -
Anda belum tahu daun pandan? aduh malu-maluin dong kalau belum tahu. Anggep saja sudah tahu ya. Jadi, untuk membuat kolak pisang yang enak, anda harus siapkan daun pandan sebanyak 2 helai, jangan sampai lupa dicuci sampai bener-bener bersih ya :D
Pisang - 
Tentu saja pisang sebagai bahan yang penting, namanya saja kolak pisang. Berapa pisang yang dibutuhkan? 1 kg sudah cukup kok. Pisangnya jenis apa? hmm, sesuai selera saja, bisa pisang kepok, pisang raja, pisang tanduk dan lain-lainnya, tinggal pilih jenis sesuai keinginan anda ya :D Yang sudah matang ya, ingat jangan pisang mentah dipakai, nanti rasanya jadi gimana kalau masih mentah pisangnya :D
- Kolang Kaling -
Anda tentu tahu dong bahan makanan yang satu ini. Begitu mendadak terkenal dan jadi idola pas bulan puasa. Untuk membuat kolak pisang, anda membutuhkan kolang kaling sebanyak 1 ons. Ada lagi yang perlu dilakukan dengan kolang kalingnya ya. Apa itu? bersihkan dulu dong, dan anda harus membelah dua kolang kalingnya, jadi agak tipis gitu nantinya :D 
- Santan - 
Lebih tepatnya santan instan saja ya :D Untuk membuat kolak pisang yang super enak, anda harus menyiapkan santan instan dengan takaran 65 ml. 
- Air - 
Nanti untuk kuahnya, nggak lucu kan masa iya kolak nggak ada pake kuah :D Berapa takaran air yang dibutuhkan untuk kuah kolak pisang? anda cukup siapkan saja sekitar 720 ml. Bingung? yah, sekitar 3 gelas lah.

Bagaimana, jika anda sudah siapkan senjata-senjata diatas dengan komplit, sekarang saatnya anda meuju tahap pembuatan kolak pisang. Bagaimana tahapannya? lihat yang berikut ini ya :D

Oke, begini urutan cara membuat kolak pisang nikmat untuk menu buka puasa :

 - Langkah awal / langkah pertama - 
Pertama ambil pisang yang sudah anda siapkan ya. Lalu potong miring. kalau tidak mau bentuk miring juga tidak apa-apa, silahkan sesuaikan dengan selera anda. Tetapi mayoritas dipotong-potong miring gitu sih.
 - Langkah kedua - 
Sekarang giliran gula merahnya yang mesti diproses. Diproses bagaimana? maksudnya direbus biar jadi cair/leleh gitu lho :D Caranya, rebus gula merah+tambahkan air secukupnya saja biar tidak lengket. Setelah itu, jangan lupa disaring ya.
- Langkah ketiga - 
Setelah selesai disaring, gula merahnya harus anda rebus lagi + tambahkan gulas pasirnya. Jadi gini, rebus kembali saringan gula jawa tadi dan campurkan gula pasir. Jangan lupa sambil diaduk-aduk ya agar bisa tercampur merata.
- Langkah keempat - 
Selanjutnya, anda harus memasukkan air + irisan pisang yang tadi sudah anda siapkan. Rebus sampai warna pisangnya berubah ya.
- Langkah kelima - 
Setelah anda lihat warna pisangnya sudah berubah, kini saatnya anda memproses bagian akhirnya. Maksudnya gimana? jadi gini, kalau warna pisang pada langkah keempat tadi sudah berubah warnanya, selanjutnya anda masukkan pandan+santan+kolang kaling. Jangan lupa sambil diaduk-aduk ya. Nah, jika pisangnya sudah empuk dan matang, baru deh anda angkat.
 - Langkah Keenam - 
Monggo, silahkan anda sajikan. Mau ditambahkan roti tawar juga oke. Ini proses paling gampang ya. Silahkan nikmati kolak pisang made in anda sendiri bersama keluarga anda. 

Selamat menyantap nikmatnya kolak pisang pada saat berbuka puasa. Hmm,,Alhamdulillah segar dan lezat. Begitulah bagaimana cara membuat kolak pisang yang dapat kami hadirkan untuk anda. Bila anda masih bingung, coba anda pahami dulu tata caranya, setelah paham langsung saja praktekkan. Jika tidak praktek, anda tidak akan pernah tahu. Selamat mencoba! 
Load disqus comments

0 komentar