Jika Tidak Mau Makan Nanti Sakit Maag Lho

Smilewithismail - Ada benarnya juga jika ayah atau ibu atau saudara dan mungkin teman mengatakan seperti ini "jika tidak mau makan nanti sakit maag lho". Memang, makan adalah kunci untuk kita bisa beraktifitas agar tetap fit dan kuat. Selain makan, minum juga salah satu hal yang tidak bisa kita tinggalkan. Haus, minumlah. Lapar, makanlah. Jangan suka menunda jam makan. Bisa bahaya juga lho.

Makan makanan yang mengandung gizi dan vitamin yang baik agar kebutuhan gizi terpenuhi dan tidak gampang sakit. Jika sakit, nanti kita harus repot-repot berobat ke dokter. Biayanya bisa saja mahal kan? sayang juga uangnya. Mendingan mencegah daripada mengobati. Memangnya sakit apa yang bisa terjadi pada orang yang suka telat makan atau malas makan?

Sudah banyak diketahui masyarakat luas, sakit paling jelas berhubungan dengan tidak mau makan/telat makan yaitu maag. Sakit maag itu katanya yang mengalaminya rasanya perih, sakit sekali di bagian lambung dan perutnya terus dipegangi gitu. Jika anda mau sakit maag, coba anda tidak makan tepat waktu atau tidak teratur. Bisa jadi anda akan bisa terkena maag. Mau? tentu tidak kan? makanya makan tepat waktu ya!

Jika Tidak Mau Makan Nanti Sakit Maag Lho

Dari hasil browsing, saya menemukan tanya jawab yang cukup menarik. Dari sini sumbernya : tanyadok.com. Nah, disana ada yang bertanya kenapa ada rasa nyeri di bagian kiri bawah perut dan bahkan sampai dadanya terasa sesak. Bukan sampai disitu saja, bahkan tulang punggungnya terasa nyeri. Dia menjelaskan bahwa keluhan-keluhannya ini akan terasa pada saat dirinya sedang kelelahan dan telat makan. Sang penanya berkata kepada sang dokter yang dipanggilnya dengan istilah "Dok" :D , kira-kira dirinya itu sakit apa?

Nah, disana dokter menjawab dengan sangat padat,jelas dan cukup mudah dipahami :D Sang dokter menjawab bahwasanya dia itu terkena tanda-tanda / gejala dari maag atau bahasa keren medisnya disebut dengan istilah "ulkus peptikum" . Anda paham tidak istilah apa itu? saya juga kurang bahkan tidak paham sama sekali :D 

Nah, sang dokter menjelaskan lagi bahwa itu karena adanya iritasi pada bagian dinding lambung. Iritasi ini terjadi karena adanya penumpukan asam lambung. Kapan asam lambung akan timbul? dijelaskan pula oleh sang dokter, asam lambung itu,,timbulnya ketika perut dalam keadaan lapar dan perut sedang kosong dan sudah dalam jangka waktu yang cukup lama tidak diisi dengan makanan. Nah, ini bisa terjadi bila anda tidak mau makan atau anda telat makan.

Lalu bagaiman solusi awalnya?
Sang dokter pun menjelaskan dengan jelas, bahwa untuk membantu pada tahap awal, bisa dengan cara mengkonsumsi obat pereda maag dulu. Seperti misanya antasida dengan tujuan untuk membantu agar asam lambung bisa kembali netral.  

Kemudian, sang dokter menyarankan untuk mengubah pola makan. Pola makan yang bagaimana? tentu saja pola makan yang teratur yang tepat waktu. Nah, dan apabila rasa nyeri itu masih saja dirasakan, langkah paling tepat adalah dengan segera ambil langkah seribu untuk memeriksakan keluhan dan kondisi itu ke dokter. Sudah jelas kan ?

Bagaimana dengan anda? apakah anda masih suka dan keseringan mengabaikan jam makan anda? aturlah pola makan anda, pola makan yang teratur dan tentu saja harus tepat waktu :D  
Baca juga yang ini ya : Wow hobi ini bisa jadi duit !! 
Load disqus comments

0 komentar