Kegiatan yang Banyak Digemari pada Saat Bulan Ramadhan

Smilewithismail - Puasa gini enaknya ngapain ya? seringkali kegiatan yang banyak digemari saat bulan Ramadhan tiba, menjadi begitu semarak. Umat Islam di seluruh dunia menyambut dengan suka cita atas hadirnya bulan yang penuh berkah itu. Seringkali banyak orang yang justru bingung, suntuk mau ngapain pada saat menunggu waktu berbuka tiba. Adzan Maghrib yang begitu menjadi Idola. 

Pada dasarnya, bulan Ramadhan seharusnya diisi dengan kegiatan ibadah dan kebaikan sebanyak mungkin. Tadarus Al-Qur'an misalnya. Itu contoh yang bagus untuk dilakukan pada saat bulan Suci Ramadhan. Ini hanya salah satu contoh saja ya. Ibadah-ibadah lain masih banyak yang bisa dilakukan. manfaatkan bulan yang penuh berkah dengan memaksimalkan diri dalam kegiatan ibadah.

kegiatan yang banyak digemari pada saat bulan ramadhan
kegiatan yang banyak digemari pada saat bulan Ramadhan

Tetapi pada kenyataannya banyak ya yang justru tidur melulu? apa tidak bosan ? hehe. Lho, katanya kan tidur juga ibadah. Iya tidak begitu juga kali, masa iya sih seharian digunakan untuk tidur terus. bangun-bangun buka puasa. Wah, sepertinya sayang ya kalau cuma dibanyakin tidur :D

Oke, kira-kira kegiatan yang banyak digemari pada saat bulan Ramadhan tiba? sepertinya sangat banyak. Banyak beribadah itu utama. Yang lainnya? apa ya? kira-kira seperti ini kalau tidak salah.

>> JJS alias jalan-jalan sore alias ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka tiba
Siapa yang sering ngabuburit? ngaku ya :D memang sih ngabuburit tiba-tiba menjadi salah satu idola ketika bulan Ramadhan tiba. Entahlah, banyak sekali orang yang kalau sudah sekitar ba'da Ashar atau sekitaran jam 4 sore sudah pada ribut dan sibuk mau jalan-jalan, nongkrong, dan lain sebagainya yang intinya keluar rumah sambil menunggu buka puasa tiba. 

>> Menyalakan petasan
Nah, ini siapa ya yang sering ngelakuin? mayoritas sih anak-anak kecil. Namun tak sedikit juga orang dewasa yang juga rajin dan hobi banget menyalakan petasan ketika bulan Ramadhan tiba. Ah entahlah, siapa yang ngajarin beginian hehe. Salah satu ciri khas di bulan Ramadhan ya ini, dar der dor bunyi petasan dimana-mana. 

>> Jalan-jalan habis subuh
Ini juga banyak yang ngelakuin kan? biasanya kalau awal-awal memasuki bulan puasa, widihh banyak banget yang hobi beginian. Kalau sudah pertengahan sampai akhir sepertinya agak berkurang. CMMIW

>> Buka Bersama
Nah, ini salah satu favorit juga nih. Berbuka puasa gratis bareng-bareng di Masjid. Apalagi kalau menunya laziss..wedew makin nikmat deh buka puasanya.

>> Habis sahur tidur atau ketiduran sampe sholat subuhnya jam 8 apa jam berapa ya aduh lupa :D
Hadeuh, ini jangan ditiru tapi kayaknya ada banyak lho yang kayak gini hihihihi :D kalau nggak mau ngaku aduh dosa lho hehe :D semoga jangan sampai seperti ini deh yaa :D

>> Nonton Tipi sampai maghrib tiba
Wah ini ada tidak yang sering begini? mungkin banyak kali ya, secara hawa dan suasana puasa begitu mendukung untuk bermalas-malasan sambil nonton tipi seharian. Kalau sudah begini, disuruh emak beli kecap aja ogah-ogahan hehe. Siapa yang merasa hayoo ngaku aja :D

>> Mainan Henpun sampe jari keseleo
Ini salah satu favorit juga. Sambil nunggu bedug maghrib tiba, mainan henpun sampe keyboard hape bau apek Apalagi jaman sekarang henpun sudah pada canggih-canggih. Mau internetan pake henpun sehari semalem kalau kuat juga bisa. Eh ngomong-ngomong ini salah satu kegiatan faporit di bulan Ramadhan apa buka ya :D apa saya yang asal bunyi :D 

>> Chatting dengan teman, pacar dan kenalan
Haduh, ini juga bagian dari mainan henpun tadi sih kayaknya,. BBM -an, Whats-app -an..YM-an, eh YM kayaknya sudah berkurang lumayan penggunanya. Bagaimana dengan kamu? Dari dapur emak teriak-teriak, "tolong belikan gula sama garem noh di warung sebelah!!" aduh mak, ini baru asyik chetingan sama temen ane mak, ntar aja ye.. Emak jadi marah tuh puasa-puasa jadi naik darah gara-gara nyuruh anaknya nggak digubris juga malah asyik chetingan. Dobel-dobel kalo chetingan, sama temennya, sama pacarnya, sama kenalan barunya hadeuh lumayan parah ya :D Ada nggak yang kayak begini? hanya sampeyan yang bisa ngejawab :D

>> Asyik main P-e-s-An bro!!
Main Pes asyik bro! apalagi barengan musim piala dunia Brazil nih! makin getol mejet stiknya! yaelah, puasa-puasa kayaknya banyak yang makin demen sama pes-an ya. Tau deh bener apa bener? harusnya kan bisa buat mengaji dan ibadah lainnya. Sayang kan kalau bulan puasa lewat begitu saja habis buat mainan pes an :D

>> Mancing maniaaa timeeeee
Hayo ngaku ya yang punya hobi mancing dan yang hobi mancing dadakan di bulan Ramadhan? hmm, ini juga kayaknya salah satu kegiatan yang ramai peminat dikala bulan puasa tiba di hadapan mata. Toko pancing jadi membludak pemburu alat-alat pancing..yang jualan dalam hati berbisik "Alhamdulillah omzet ane naek". Memang asyik kayaknya mancing berangkat pagi dan baru pulang hampir bedug maghrib. Iya beruntung kalau emak udah nyiapain menu berbuka, kalau ndilalah belum nyiapin? mau berbuka minum air putih ya hehe :D mentok-mentok beli kolak jadi di pinggir jalan komplek sebelah :D yah, musim mancing ini bener jadi favorit apa tidak ya? hanya sampeyan yang bisa nulis jawabannya :D

>> Rame penjual dan pembeli kolak dadakan "saingannya yang sehat yei "..yang enak yang murah dong,,yah tekor dong yang jual kolaknya :D
Tiba-tiba saja coba lihat penjual kolek dadakan pada bejubel dimana-mana pada rame berjualan dan menanti para pembeli yang tak sempat masak gara-gara sibuk dan urusan lainnya. Rejekinya yang jual kolek ya kalo gitu :D coba amati, jadi banyak yang suka beli kolak kan kalo puasa tiba :D 

>> Nonton balapan katanyaa
Pergi rapi sore hari nonton balapan..balapan apa sih? balapan kebo? biasanya sih balapan motor. Kalau ada ya biasanya digruduk banyak orang. Sambil nunggu adzan magrib terdengar katanya..hadeuh..Mbok ya daripada pergi nggak jelas mendingan dipakai tadarus aja :D kata pak ustadz begitu :D

>> Jalan-jalan ke moll ...katanya tetangga sebelah sih :D
Banyak yang jadi demen jalan-jalan ke moll..ini beneran apa nggak kurang tau juga ya,,kayaknya sih iya :D CMMIW

>> Cari-cari lagu religi biar suasana Ramadhan makin berasa bro!!
Ini juga banyak yang ngelakuin kan? lagu-lagu religi tidak sedikit yang tiba-tiba nongol di pejwan. Habisnya,,banyak yang nyari bro!! yah ini juga bagian daripada datangnya bulan Suci Ramadhan di Indonesia,,nggak tahu deh karo di negara sebelah ada apa tidak lagu religi dadakan :D

>> Bagi wanita or cewek jadi hobi dadakan masak special buat buka dan sahur sampe sibuk cari-cari referensi dari segala media, jadinya malah mumet masakan hangus dan berasa terlalu kebanyakan garem jadi keasinan :D Yah, intinya banyak yang berburu resep masakan buat disuguhkan untuk menu sahur dan berbuka. Oke lah ini bagus malahan :D

>> Borong baju,celana,kopyah,baju kok,sarung,sampe celana dalem juga diborong,,,mau lebaran katanya :D
Biasanya ini rame dilakuin kalau sudah mulai mendekati Hari Raya Idul Fitri..puasa bagian akhir lah sudah rame moll digruduk banyak insan dari segala penjuru kompleks sekecamatan,sekabupaten,sepropinsi se apalagi ya :D Sebenarnya, kata pak Ustadz di tipi-tipi itu, kayaknya dibolehin sih belanja baju yang baru buat lebaran asal tidak berlebihan dan tidak melupakan makna yang sebenarnya dari hari Raya Idul Fitri itu sendiri. Hari dimana kita kembali suci setelah sebulan lamanya kita berpuasa. :D Sampe ada lagunya lho ya :D Baju baru Alhamdulillah, tuk dipakai di Hari Raya,,dst.

>> Kegiatan apalagi ya ,,adeuh capek ngetiknya,,lanjutin dan cari dan tambahin sendiri aja yei :D

Ini hanya sebiah tulisan tidak teratur yang tiba-tiba saja uneg-uneg ini berasa pengen saya lempar ke blog tua dan bersahaja sekaligus sepi yang ngedatengin alias kayak pemakaman ini hehe :d mohon maaf apabila ada kekurang sopanan atau ketidakseimbangan etika dalam menulis. Sekali lagi ini hanyalah sebuah tulisan yang kurang enak dibaca dan kurang bahkan tidak teratur sama sekali. Maklum pagi-pagi belum sarapan ini nulisnya.

Bulan Ramadhan tiba, alangkah baiknya kita lebih mengutamakan beribadah. Maksimalkan bulan Ramadhan penuh berkah dan ampunan untuk kegiatan-kegiatan positif. Cari dan gali ilmu, menuntut ilmu,shodaqoh,infaq,sholat tarawih,sholat fardlu usahakan selalu berjamaah di masjid,tadarus Al-Qur'an,dan lain sebagainya. Raup indah dan berkahnya bulan Ramadhan dengan semaksimal mungkin. Bayangkan saja kalau kebanyakan habisin waktu buat hal-hal yang jika dipikir-pikir tidak terlalu berguna..kan sayang waktunya. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi anda yang menjalankannya!! See you next taimm :D
Load disqus comments

0 komentar