Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh memang sangat penting. Untuk itu, anda sangat perlu untuk memperhatikan bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh agar senantiasa sehat, segar dan tentu saja tetap produktif dalam bekerja. Apabila kondisi badan anda bagus, secara otomatis anda akan jarang terkena sakit. Kesehatan merupakan salah satu kunci penting untuk meraih hidup yang bahagia.

cara menjaga daya tahan tubuh


Masih banyak orang yang kurang begitu peduli terhadap kesehatannya. Masih suka begadang tanpa tujuan yang jelas, merokok, malas minum air putih, enggan berolahraga dan lain sebagainya. Alhasil, lambat laun kondisi kesehatan akan semakin memburuk. Sebaiknya hal ini tidak boleh terjadi, bagaimanapun juga sehat itu perlu diusahakan dan tetap dijaga. 

Daya tahan tubuh yang sedang lemah, biasanya akan mengakibatkan begitu mudahnya terkena sakit. Tentu hal ini tidak anda inginkan. Sebaliknya, kondisi daya tahan tubuh yang powerfull, akan memberikan efek positif yang luar biasa. Hidup anda akan terasa ceria, bahagia dan tidak akan mudah didera penyakit.

Cara menjaga daya tahan tubuh :

1. Konsumsi makanan sehat
Penuhilah kebutuhan gizi dan vitamin bagi tubuh anda. Konsumsi buah dan sayuran sehat akan mampu memberikan kesegaran bagi tubuh anda. Banyak sekali kebutuhan makanan sehat yang bisa anda peroleh dengan mudah dan murah. 
2. Hindarilah mengkonsumi makanan secara berlebihan
Apapun itu, termasuk juga makanan, apabila berlebihan tentu saja tidaklah baik. Konsumsi sesuai porsi saja. Apabila anda makan terlalu banyak, dampaknya akan sangat berbahaya. Katakanlah kegemukan. Bagi para wanita, kegemukan merupakan satu hal yang sangat tidak diinginkan. Menjadi malas dan mengantuk juga bisa diakibatkan oleh karena makan yang diluar batas/berlebihan. Selain itu, banyak sekali penyakit yang akan mengintai apabila terbiasa makan berlebihan.
3. Cukupkan tidur anda
Masih suka begadang? mulai sekarang coba anda hindari. Lebih baik anda menerapkan pola tidur yang  baik dan sesuai aturan saja. Tidur yang cukup akan membawa anda pada kondisi tubuh yang segar dan pikiran yang fresh dan siap untuk kembali beraktifitas keesokan harinya. 
4. Tidur lebih awal, bangun lebih pagi
Salah satu tips yang bisa anda coba untuk menjaga kondisi tubuh anda agar selalu sehat dan segar adalah dengan cara membiasakan diri untuk tidur lebih awal dan kemudian bangun lebih pagi. Udara pagi yang masih belum terkontaminasi polusi bisa anda manfaatkan untuk kegiatan berolahraga. Ini akan sangat baik untuk kesehatan anda. 
5. Sempatkan untuk berolahraga
Malas berolahraga adalah satu dari sekian banyak faktor yang bisa menyebabkan tubuh kurang fit. Padahal sebenarnya olahraga adalah aktifitas yang sangat menyenangkan. Tidak semuanya mahal. ada olahraga yang murah. Katakanlah lari pagi. Luangkan waktu anda untuk lari pagi sembari menikmati segarnya udara pagi yang masih segar. Jenis olahraga sangat banyak jenisnya. Silahkan sesuaikan dengan kondisi anda. Bila anda sibuk, tetap usahakan mengambil waktu di sela - sela kesibukan anda untuk melakukan olahraga.
6. Pentingnya minum air putih
Air putih itu menyehatkan dan menyegarkan. Karena, sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan. Cukupkan asupan cairan kedalam tubuh, minimal 8 gelas sehari. Apabila anda malas meminum air putih, maka silahkan saja anda akan menerima konsekuensinya. Banyak penyakit yang bermula dari akibat kekurangan asupan cairan/air. Jika bisa dengan mudah dan murah untuk dibiasakan, kenapa tidak? mulai sekarang cobalah cukupi kebutuhan cairan tubuh anda dengan rutin meminum air putih. Rasakan bedanya, tubuh anda akan terasa sehat, segar bugar. 
7. Biasakan untuk berpikir positif
Pikiran yang senantiasa dijaga untuk selalu positif, akan memiliki dampak yang luar biasa hebat untuk daya tahan tubuh. Rasa optimis akan selalu menyala. Berbeda halnya jika pikiran negatif terus saja dibiarkan menggerogoti. Maka, efek buruknya akan terasa, misalnya : jadi malas, pesimis, lemas, tidak semangat dan tentu saja secara garis besar akan mempengaruhi daya tahan tubuh dan kesehatan anda secara keseluruhan. Hindari pikiran  negatif dan jaga agar selalu berfikir positif dalam segala hal.

Itulah sedikit tips bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh. Semoga informasi singkat ini bisa menghadirkan manfaat yang besar bagi anda. Perbaiki, ciptakan dan jaga selalu daya tahan tubuh anda agar tidak mudah terserang penyakit dan bisa menikmati indahnya hidup.
Load disqus comments

0 komentar