Efek Buruk AC Bagi Kesehatan

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa pada saat ini pendingin ruangan atau biasa dikenal dengan sebutan AC hampir pasti terpasang didalam ruangan-ruangan penting. Dirumah,di kantor,pusat perbelanjaan,perpustakaan,ruangan kuliah,sekolah dan lain sebagainya. Dingin, sejuk dan sangat pas sekali saat cuaca sedang panas. Itulah sensasi yang biasa dirasakan dari penggunaan AC.

Kalau sebuah ruangan tidak ada AC nya, dirasakan ada yang kurang. Tidak betah karena merasa tidak nyaman,kegerahan dan mungkin sudah seperti sesuatu yang hukumnya wajib. Hal ini memang tidaklah salah, karena memang ac terbukti telah banyak memberikan manfaat bagi kita.

Dari sekian banyak keuntungan penggunaan ac, pernahkah anda terpikir bahwa ada beberapa dampak buruk penggunaan ac yang terlalu sering terhadap kesehatan tubuh? Ternyata dibalik kenyamanan yang ditawarkan oleh ac, ada beberapa hal yang kurang baik terhadap kondisi kesehatan tubuh yang menjadi konsekuensi dari penggunaan ac.

efek buruk ac bagi kesehatan

Efek buruk dinginnya ruangan ber-AC bagi kesehatan :

1. Menjadi cepat merasa lelah dan tidak tahan terhadap suhu panas.
Ketika anda sudah terbiasa berada di ruangan yang memiliki fasilitas ac, maka lama kelamaan kondisi ini akan membuat anda menjadi tidak terbiasa menghadapi suhu yang panas. Misalnya saja saat berada di luar atau di ruangan yang tidak ber-ac. Maka secara spontan akan mengalami kepanasan dan keluar keringat yang terlampau cepat dan tentu saja akan merasa tidak nyaman.
Selain itu, rasa lelah yang cepat datang menyergap juga akan anda alami ketika anda sedang menjalankan aktifitas anda didalam sebuah ruangan yang ber-ac. Jadi, inti dari efek buruk yang pertama adalah tidak kuat/tahan dengan suhu panas dan merasa cepat lelah.

2. Kesehatan paru-paru lambat laun akan menurun
Paru-paru yang sehat tentu sangat penting untuk terus dijaga. Nah, ternyata ada efek buruk terhadap kesehatan organ paru-paru yang bisa ditimbulkan ketika terlampau sering berada di ruang ber-ac. Timbul pertanyaan, bagaimana hal ini bisa terjadi? Nah, secara ringkas penjelasannya adalah seperti ini : ketika sebuah ruangan dipasang fasilitas ac, maka didalam rua gan tersebut akan terjadi perubahan yang cukup drastis dalam hal kelembaban dan suhu. Nah, bila kedua perubahan tersebut terjadi, maka akan sangat mempengaruhi sistem pernafasan, terlebih rinci lagi adalah paru-paru.

3. Memudahkan menularnya virus,kuman dan bakteri penyebab sakit.
Biasanya,ruangan yang ber ac dirancang untuk ditutup rapat saat ac hidup. Jika sudah begini,maka jika ada salah satu yang sedang sakit, maka bisa dengan mudah dan cepat menular kepada yang lain mrngingat kondisi ruangan benar-benar kurang sirkulasi.

4. Kulit jadi kering
Bila anda sering berada dalam ruang ber ac, perhatikan lambat laun kulit anda akan nampak lebih kering dan selaput lendir kulit yang juga berkurang.

5. Alergi
Apakah anda pernah mengalami alergi? Ternyata, ruangan yang ber ac cukup memberikan andil terhadap terjadinya alergi. Alasannya, sirkulasi udara yang buruk dan debu yang terperangkap dalam ruang yang ada ac.

6. Meningkatkan resiko sakit mata
Sering berada dalam ruang ber ac memang nyaman. Namun, ruangan yang memiliki ac, ternyata juga memiliki andil terhadap terjadinya dua jenis sakit mata. Dua jenis penyakit mata yang dimaksud adalah blepharitis dan konjungtivitis.
Sekian informasi kesehatan mengenai efek buruk ac bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi anda.
Load disqus comments

0 komentar