Modal Usaha: Cara Mencari Dana Untuk Bisnis

Memiliki usaha sendiri tentu saja akan sangat menyenangkan sekaligus mampu menjadi penopang kehidupan. Timbul pertanyaan yang seringkali membuat ciut nyali. Bagaimana mendapatkan modal usaha? terbayang betapa sulitnya memperoleh dana segar untuk memulai bisnis atau usaha yang sudah terbayang jelas dalam angan-angan. Tetapi, jangan keburu menyerah sebelum bertanding. Semua memang butuh strategi dan pemikiran yang matang.

Banyak tantangan bagi kalangan pengusaha, namun tetap harus semangat tidak boleh loyo apalagi pasrah menyerah. Pada saat modal / dana sudah ada ditangan pun, seringkali akan tetap menghadapi masalah yang mau tidak mau harus dihadapi dan dicari solusinya. "Mencari modal usaha saja sudah susah, belum lagi nanti proses menjalankan bisnisnya". Jangan sampai mengeluh seperti ini, harus selalu optimis bahwa Tuhan tidak pernah menyiakan setiap usaha hamba-Nya. Jangan lupa selalu berdoa dan infaq shadaqah agar selalu diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan usaha.

modal usaha


Bahkan telah banyak para pengusaha sukses dengan modal minim, jadi jangan jadikan faktor modal menjadi batu sandungan ketika ingin merintis sebuah usaha/bisnis. Banyak cara mencari modal, tinggal bagaimana niatan dan keseriusan kita saja.

Usahakan untuk memerperjelas, seperti apakah visi serta misi usaha yang akan anda jalankan. Hal ini penting kaitannya dengan tingkat kepercayaan orang terhadap bisnis anda nantinya dan tentu saja suksesnya bisnis yang anda jalankan. Makin jelas, makin baik. Makin tidak jelas visi misi usaha anda, rasa-rasanya akan bisa menjadi batu ganjalan. Paling tidak, visi dan misi bisnis yang sudah jelas, akan memudahkan anda untuk selalu fokus dalam usaha pencarian modal, kepercayaan orang atau lembaga kepada anda pun akan makin meningkat.

Setelah anda menemukan pakem yang jelas, visi serta misi yang tepat, serta jelas pandangan seperti apa bisnis anda dan mau dibawa kemana bisnis anda, maka saatnya bagi anda untuk "berburu" modal usaha.

Cara mencari modal usaha dengan mudah :


1. Bank
Mengapa bank? sudah menjadi rahasia umum bahwasanya bank merupakan salah satu sumber pencarian dana terbaik yang bisa menjadi solusi bagi yang ingin memulai bisnis / usaha, namun belum memiliki cukup modal atau bahkan belum ada modal sama sekali.

Eits, namun tunggu dulu, keinginan anda tidak akan dengan serta merta diterima begitu saja oleh pihak bank. Masih ada persyaratan penting yang harus anda ketahui dan anda penuhi untuk bisa meraup dana segar dari mereka. Seperti apa syarat-syarat yang biasanya menjadi tolak ukur bisa tidaknya anda memperoleh pinjaman modal dari bank. Ingin tahu? berikut ini, silahkan baca :

- Apakah usaha anda memang benar-benar baru atau sudah berjalan?
Anda pasti bisa menjawab pertanyaan ini bukan? iya, ternyata pihak bank akan mencari tahu hal ini. Umumnya, pihak bank akan lebih percaya dan lebih menerima sebuah usaha yang sudah berjalan. Sekitar 2-3 tahunan usaha anda berjalan, sudah cukup menjadi patokan bagi mereka.

Tetapi jangan pernah layu sebelum berkembang, apabila usaha anda memang benar-benar baru dan masih fresh, paling tidak anda harus bisa menjelaskan seperti apa konsep bisnis anda kepada pihak bank. Jika perencanaan bisnis / usaha baru yang akan andarintis memang sudah benar-benar bagus dan jelas, rasa-rasanya masih ada kemungkinan yang cukup kuat bagi pihak bank untuk menerima permohonan anda.

- Apakah anda memiliki jaminan harta?
Coba anda jawab, apakah anda punya "sesuatu" yang berharga yang bisa dijadikan sebagai jaminan? bagi pihak bank, ini merupakan salah satu elemen penting untuk mereka bersedia atau tidak menerima permohonan dana / modal.

- Lebih baik usaha yang anda rintis nantinya "akan" berbadan hukum atau "sudah" berbadan hukum.

Bagaimana, apakah anda sudah memiliki gambaran terkait mencari modal usaha ke bank? Apakah anda merasa kesulitan meminjam modal dari bank? memang, bisa dikatakan "gampang-gampang susah". Namun, anda tidak usah berkecil hati ketika usaha mencari modal ke bank anda rasakan sudah benear-benar mentok. Ingat pepatah, "banyak jalan menuju Roma". Jika bank mentok, banting setir dong, lirik yang lain!

2. Pegadaian
Pegadaian? anda tentu sudah tidak asing lagi dengan pegadaian. Ternyata, pegadaian juga bisa menjadi solusi bagi anda yang kesulitan modal ketika ingin merintis atau mengembangkan usaha anda. Benarkah?

Sekarang anda ingat baik-baik, kira-kira apakah saat ini anda punya "barang berharga" yang masih anda simpan? contohnya seperti emas atau barang lainnya yang cukup memiliki nilai? Jika jawabnya adalah "iya" saya punya, maka anda bisa memanfaatkannya untuk mencari modal / dana segar ke pegadaian.

3. Lembaga selain bank
Mencari dana / meminjam dana bisa banyak jalannya, termasuk kepada lembaga-lembaga lainnya selain bank. Bahkan kepada perseorangan pun bisa anda lakukan. Asalkan anda benar-benar berniat serius dan mampu meyakinkan perihal usaha anda, rasanya tidaklah mustahil anda akan dapat meraih impian anda untuk mendapatkan modal. akan tetapi, pada dasarnya pinjaman untuk memulai/menjalankan sebuah usaha lebih baik anda jadikan sebagai "jurus terakhir" saja. Karena, sebenarnya memulai usaha juga tidak harus punya dana besar dulu baru bisa usaha. Tanpa modal pun sebenarnya anda juga bisa merintis sebuah usaha.

4. Join dengan rekan / teman anda
Dalam hidup ini, rasanya tidaklah mungkin bila hidup sendirian. Kita adalah makhluk sosial. Pasti anda punya teman bukan? sahabat? nah, bila anda cerdas dan mampu memberikan keyakinan kepada sahabat/teman anda mengenai usaha anda, anda pun bisa kok meluluhkan hatinya untuk join dengan anda. Istilahnya "patungan".

Bekerjasama dengan orang lain / termasuk teman, bisa dalam segala hal. Termasuk dalam urusan modal usaha. Bila anda berjuang sendirian, padahal modal masih kurang dari yang dibutuhkan, mungkin teman anda bisa menutupi kekurangannya. Tentu saja harus sudah dengan musyawarah yang mufakat antara anda berdua. Semua harus seimbang. Intinya, anda bisa bekerjasama dengan teman anda dalam urusan modal usaha / memulai usaha / menjalankan usaha anda.

5. Mengikuti sebuah ajang kompetisi bisnis
Mencari modal usaha bisa juga melalui sebuah ajang kompetisi bisnis. Coba anda cari dan ikuti. Dari ajang seperti ini, maka anda pun akan memperoleh keuntungan yaitu bisa mendapatkan modal usaha. Tidak hanya cukup sampai disini, masih ada satu keuntungan lainnya yang bisa anda peroleh apabila anda turut serta dalam sebuah kompetisi bisnis, yaitu biasanya anda juga akan mendapatkan pelatihan bisnis.

6. Menjual Ide bisnis yang anda miliki
Sudahkah anda mencoba melebur dan ikut bergabung dalam berbagai komunitas bisnis? biasanya didalam sebuah komunitas bisnis akan banyak ditemukan pengusaha yang saling share entah itu informasi, tips, dan tentu saja ide-ide bisnis. Terkadang, orang yang berduit / memiliki cukup banyak modal, belum tentu memiliki sebuah ide usaha/bisnis yang cemerlang. Apa kaitan hal ini dengan mencari modal usaha? Tentu saja ada. Misalnya saja begini, anda punya sebuah terobosan ide bisnis yang bagus, luar biasa dan original. Namun, anda terpentok soal permodalan. Nah, tidak ada salahnya kan bila anda coba "menjual" ide anda kepada teman-teman dalam satu komunitas bisnis? siapa tahu, ada diantara mereka yang merasa tertarik terhadap ide bisnis anda dan mau memberikan modal untuk merealisasikan ide bisnis anda. Jika sudah begini, maka anda pun tidak perlu mengeluarkan modal lagi. Anda pemilik ide bisnisnya dan modal datang dari mereka yang tertarik kepada ide bisnis anda. Sangat fair sekali bukan? So, kreatif lah dalam menyikapi sebuah keadaan. Toh modal tidak harus berwujud uang bukan? ide sederhana pun bisa "dijual".

Sekian saja ulasan singkat seputar cara mencari modal usaha yang dapat kami hadirkan. Sukses tidaknya sebuah usaha yang anda jalankan tergantung kepada anda. Milikilah jiwa bisnis yang kuat, maka anda pun akan dapat dengan mudah mencari solusi dari setiap permasalahan yang muncul dalam usaha anda, termasuk dalam hal mencari modalnya. Sekali lagi, modal tidak hanya terbatas kepada "uang" saja. Masih banyak hal yang bisa anda gali lebih jauh lagi untuk bisa dijadikan modal usaha. Buktikan bahwa anda bisa, anda siap dan anda akan sukses!
Load disqus comments

0 komentar