Bahaya Menonton TV Terlalu Lama

Bahaya menonton TV terlalu lama - Sajian hiburan yang diberikan oleh televisi memang begitu menggiurkan. Tidak pandang usia, dari mulai anak-anak, remaja, dewasa bahkan sampai lansia banyak yang suka berlama-lama didepan televisi. Selain sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam masyarakat, televisi juga menjadi salah satu sarana untuk mengetahui berita-berita terbaru serta aneka macam tontonan yang bersifat menghibur untuk sekedar menghilangkan rasa bosan atau untuk menonton film favorit.

Banyak para wanita, khususnya ibu-ibu rumah tangga yang hobi nonton sinetron. Anak muda banyak yang suka hiburan musik dan lain sebagainya. Tidak lupa juga berbagai macam pertandingan olahraga juga seringkali wara-wiri dilayar kaca. Tidak mengherankan apabila banyak sekali yang menjadikan televisi sebagai idola dalam kesehariannya. Rasanya, tanpa televisi, dunia seakan hambar, ada yang kurang.

bahaya menonton tv terlalu lama

Namun, tahukah anda bahwa ada beberapa ancaman serius yang siap meledak kapan saja. Hal ini bisa dipicu oleh karena terlalu lamanya seseorang menonton televisi berjam-jam bahkan seharian. Tidak terasa ketika asyik menonton acara yang digemari, waktu seolah sangat cepat berlalu. Padahal, semua akan berdampak tidak baik apabila porsinya berlebihan. Lalu, apa saja dampak buruk serta bahaya bagi kesehatan jika terlalu lama menonton TV? coba baca beberapa poin berikut ini!

Bahaya Menonton TV terlalu lama bagi kesehatan


Resiko untuk mataBetapa pentingnya oragan tubuh kita yang satu ini. Mata diibaratkan sebagai jendela dunia. Tanpa adanya mata, apa yang bisa kita lihat? kita tidak bisa menikmati keindahan dunia ini dan berbagai hal lainnya terkait dengan segala sesuatu yang bisa dilihat. Nah, ternyata, salah satu bahaya menonton TV terlalu lama adalah menjadi menurunnya kesehatan mata. Coba anda bayangkan ketika anda menonton televisi, maka mata akan selalu fokus ke objek yang ada didepannya dan menjadikan mata menjadi sangat jarang berkedip. Apabila hal ini terjadi terus menerus dalam jangka waktu yang cukup sering / lama, maka lama kelamaan kesehatan mata akan menurun. Biasanya bisa minus. Maka dari itulah, alangkah baiknya porsi menonton televisinya agak dikurangi dan usahakan untuk mengatur jarak aman antara mata dengan layar.

Kurang tidur, karena jam tidur pada waktu malam kurang teratur
Biasanya, acara televisi pada malam hari juga cukup menarik untuk ditonton. Tidak jarang pula ada yang sampai betah sampai pagi gara-gara menonton TV. Acara-acara pertandingan sepakbola yang ada dliuar negeri juga biasanya malam / dini hari. Tidak sedikit juga film-film yang cukup seru yang ditayangkan pada jam malam. Apabila anda tidak bisa mengontrol hal ini, dengan terus-terusan mengikuti keinginan melihat televisi sampai larut atau bahkan sampai pagi, maka anda pun akan mengalami kurang tidur yang tentu saja dampak terhadap kesehatan tubuh juga kurang bagus. Disamping itu, pagi hari / siangnya rasa kantuk juga akan menimpa, padahal biasanya aktifitas pekerjaan banyak dilakukan di siang hari. Bagaimana, apakah anda masih suka nonton TV sampai larut?

Memperbesar resiko sakit jantung
Seberapa lama anda menonton tevisi dalam sehari? apakah anda pernah memperhatikan hal ini? sebaiknya, mulai sekarang anda perhitungkan lama tidaknya anda menonton TV. Karena, apabila anda menonton TV lebih dari 4 jam dalam sehari, ternyata hal ini bisa memicu terjadinya penyakit jantung. Mengapa bisa terjadi demikian? alasannya adalah karena ketika anda sedang asyik menonton TV dalam waktu relatif lama, maka secara otomatis tubuh anda tidak banyak melakukan gerakan dalam jangka waktu lama. Hal inilah yang bisa menjadi pemicu terjadinya sakit jantung.

Resiko diabetes makin tinggi
Apakah anda mau apabila harus mengalami sakit yang satu ini, yaitu diabetes? tentu tidak bukan? semua orang tidak ada yang mau menderita sakit, sakit apapun itu. Terlebih lagi sakit yang cukup mengerikan semacam diabetes ini. Nah, tahukah anda bahwa ketika anda terbiasa menonton televisi terlalu lama, salah satu efek negatifnya adalah meningkatnya resiko terkena sakit diabetes. Hal ini bukan tanpa alasan. Terkait hal ini, pada tahun 2003 silam, Journal of American Medical Association telah menerbitkan sebuah studi yang mengungkapkan bahwasanya saat seseorang menonton TV selama 2 jam dalam sehari, maka peningkatan resiko diabetes meningkat cukup signifikan, yakni mencapai 14 %. Sungguh, hal ini cukup membuat kita harus lebih hati-hati lagi. Bagaimana, apakah anda masih suka berlama-lama menonton TV?

Bisa menyebabkan kegemukan
Salah satu hal yang paling "dibenci" oleh mayoritas orang adalah kegemukan. Terutama bagi para wanita, sungguh mereka sangat menghindari kondisi tersebut. Memang, kegemukan sangat identik dengan penyakit. Selain itu, badan yang terlampau gemuk juga kurang begitu sedap dipandang. Bahasa kerennya adalah "obesitas". Sebuah istilah yang pastinya sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat luas. Nah, salah satu yang menjadi sebab mengapa bisa terjadi penambahan berat badan berlebih / kegemukan / obesitas adalah karena menonton televisi yang terlampau lama. Lagi-lagi, alasannya adalah kurangnya aktifitas / gerak tubuh. Memang tubuh yang pasif terlalu lama lambat laun akan menjadikan kesehatan kita  juga kurang bagus. Bagaimana menurut anda? apakah anda ingin tambah gemuk? kalau tidak, coba hindari menonton televisi terlalu lama.

Nah, itulah sedikit ulasan seputar beberapa bahaya menonton televisi terlalu lama, khusunya untuk lingkup terhadap kesehatan. Hidup sehat itu tidaklah sulit. Ingat, kesehatan sangat mahal harganya. Apakah anda bisa menikmati hidup apabila kondisi anda sakit parah? tentu tidak bukan? oleh karena itu, mulai sekarang, bergayalah hidup sehat, karena sehat itu menyenangkan dan menenangkan! semoga bermanfaat!
Load disqus comments

0 komentar