Jenis Makanan yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

Bagaimana cara meningkatkan kecerdasan otak? tentu saja tingkat kecerdasan setiap individu tidaklah sama. Para penguasanya semisal Einstein, B.J.Habibie adalah figur-figur yang amat sangat terkenal dengan IQ yang luar biasa tinggi. Keuntungan memiliki otak yang cerdas tentu saja berlipat ganda. Cepat mengingat sesuatu, cepat memahami banyak hal, mudah mengerti htiungan dan lain sebagainya. Banyak orang yang sangat menginginkan memiliki otak yang cerdas. Namun, apabila anda merasa sedikit kurang cerdas, tidak ada salahnya anda mencoba mengkonsumsi beberapa makanan yang dipercaya mampu menambah tingkat kecerdasan otak.

jenis makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak


Selain latihan dan usaha dari luar, tentu saja nutrisi dari dalam juga sangat berperan penting untuk menunjang bertambahnya tingkat kecerdasan otak. Jika ditelisik lebih jauh lagi, sebenarnya tidaklah sulit untuk menemukan berbagai sumber nutrisi penting yang amat bagus untuk otak kita. Terkadang, hanya karena faktor kurangnya pengetahuan saja yang menjadi ganjalan mengapa sampai tidak mengetahui, padahal sumber makanan yang bagus untuk otak itu sangat dekat dengan lingkungan kita.

Mengapa otak juga membutuhkan nutrisi agar lebih bagus dan lebih cerdas? karena, tidak berbeda dengan bagian tubuh kita yang lainnya yang juga butuh asupan gizi. Katakanlah kulit, bagian terluar dari tubuh kita. Jika kulit tidak dirawat dari luar dan juga diberikan gizi yang cukup untuk menunjang kesehatan kulit dan juga penampilan kesegaran kulit, tentu saja kulit juga tidaklah sehat / kurang sehat. Begitupun dengan otak, jika tidak diberikan cukup gizi/ nutrisi maka otak juga kurang bisa berfungsi optimal. Terlebih lagi, otak adalah bagian yang amat sangat penting dalam diri kita.

Jenis makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak

Cokelat
Pernah merasakan nikmatnya coklat? bahkan coklat biasa dipakai sebagai simbol / hadiah untuk mengungkapkan perasaan cinta bagi kebanyakan orang. Saking terkenalnya coklat, berbagai merek coklat sangat banyak ditemukan. Salah satu makanan yang bisa meningkatkan kinerja dan kecerdasan otak ternyata adalah coklat. Mengapa? karena coklat mengandung Flavonoid. Manfaat flavonoid yang terkandung didalam coklat berguna untuk memicu pembentukan sel syaraf baru pada otak. Dengan bertambahnya sel syaraf baru pada otal, maka tingkat kemampuan menyimpan ingatan dalam memori otak pun juga akan makin bertambah / meningkat. Bagaimana? sudah enak dikonsumi, manfaatnya sangat besar pula. Silahkan dicoba!

Ikan
Kelezatan ikan memang sudah sangat dikenal luas oleh masyarakat dunia. Berbagai jenis ikan yang cocok untuk dikonsumsi pun, sangatlah berlimpah. Ada ikan air tawar dan juga air laut. Tentu minat setiap orang terhadap ikan pun juga berbeda-beda. Terlepas dari suka atau tidak suka makan ikan, ternyata manfaat ikan untuk otak begitu luar biasa. Mungkin ada yang belum mengetahui kenapa ikan bisa sangat berguna untuk otak. Alasannya adalah karena didalam ikan terkandung asam lemak omega 3. Walaupun mungkin kandungan ini tidak sama pada setiap jenis ikan. Jenis ikan yang banyak mengandung asam lemak omega 3 adalah jenis ikan salmon, sarden dan tuna. Nah, bila anda kebetulan amat menyukai ketiga jenis ikan tersebut, maka anda bisa berbahagia, karena secara tidak langsung otak anda akan makin berkualitas!

Telur
Suka makan telur? baik direbus maupun digoreng? sungguh nikmat sekali memakan telur, bisa untuk lauk saat makan, bisa juga dikemas dalam berbagai menu masakan lezat yang lainnya. Selain rasanya yang memang sangat nikmat, ternyata telur juga memiliki manfaat yang bagus untuk otak kita. Mengapa bisa demikian? apa alasannya? tahukah anda bahwa dalam telur terkandung asam amino yang bagus untuk menutrisi otak kita? inilah alasannya. Bila anda mengkonsumis telur secara kontinyu, niscaya secara tidak sadar otak anda pun akan makin bagus.

Pisang
Salah satu jenis buah-buahan yang amat mudah ditemui disekitar kita adalah buah pisang. Selain sudah dikenal luas dan rasanya memang enak, pisang juga memiliki berbagai jenis yang bisa dijadikan pilihan. Bagi anda yang belum mengetahui, ternyata pisang juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk otak kita. Didalam pisang terkandung kalium dan magnesium yang tinggi. Apa manfaat keduanya untuk otak kita? keduanya bermanfaat untuk transmisi syaraf di tubuh dan juga otak kita. Bagi anda yang suka buah yang satu ini, tentu saja anda akan mendapatkan efek positif yang baik, khususnya otak anda.

Brokoli
Sudah pernah mendengar dan tahu apa itu brokoli? satu dari sekian makanan yang bagus untuk menutrisi otak kita adalah brokoli. Alasannya, karena didalam brokoli terkandung vitamin C dalam kadar yang cukup tingigi. Selain vitamin C, brokoli juga mengandung betakaroten dan antioksidan yang dapat menjaga kesehatan otak kita. Cobalah dan rasakan manfaatnya!

Alpukat
Buah berwarna hijau ini memang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Bisa dijadikan juz atau jenis menu lainnya. Sudah banyak dikenal luas oleh masyarakat. Harganya pun tidaklah terlalu menguras kantong, sehingga banyak yang bisa membeli dan merasakan kelezatan buah ini. Tahukah anda bahwa alpukat ternyata bagus untuk otak kita? ternyata buah alpukat dapat menutrisi otak kita, hal ini karena didalam alpukat terkandung vitamin E yang cukup tinggi. Fungsi vitamin E bagi otak adalah mampu berfungsi sebagai antioksidan dan juga  memiliki fungsi / kegunaan untuk mencegah penuaan dini pada otak. Luar biasa sekali bukan? segera saja cicipi kelezatannya dan petiklah manfaatnya!

Itulah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan otak kita. Memang dalam keseharian kita, makan teratur dan mengkonsumis sayur dan buah-buahan adalah kegiatan yang tidak boleh disepelakan. Jangan sampai lupa juga untuk menyempatkan sarapan, agar ketika bekerja tidak lemas dan otak juga bisa bekerja lebih baik. Semoga bermanfaat!
Load disqus comments

0 komentar