Inilah Bahaya Rokok Elektrik Terhadap Kesehatan

Smilewithismail - Bahaya Rokok Elektrik Terhadap Kesehatan - Masih tergambar jelas dalam berbagai media baik elektronik, cetak dan berbagai spanduk yang banyak ditemukan, betapa bahayanya akibat yang ditimbulkan oleh rokok. Iya, memang sangat benar bahwa rokok bisa menjadi biang kerok dari banyak penyakit berbahaya.

Sangat ironis memang, bahwa fakta menunjukkan bahwa tak terhitung jumlah dari perokok yang ada di dunia, khususnya di Indonesia. Bahkan bisa dikatakan makin mengkhawatirkan. Pasalnya, jumlah perokok malah makin meningkat tajam dari waktu ke waktu. Parahnya lagi, kalangan anak kecil dan remaja justru ikut-ikutan menjadi perokok.

Hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan. Seandainya para orang tua, bapak dan ibu terus memberikan pengawasan ekstra, mungkin anak remaja mereka tak akan berani dan tidak akan pernah mengenal yang namanya rokok. Hal ini tidak bisa dianggap sepele, harus segera dibereskan.

bahaya rokok elektrik terhadap kesehatan


Dengan semakin berkembangnya teknologi, kemudian muncul yang namanya "rokok elektrik". Ya, apakah anda juga sudah pernah mendengarnya? Tujuan dari dimunculkannya rokok model baru ini adalah untuk menolong mereka yang kesulitan dalam hal berhenti merokok. Konon katanya rokok elektrik ini tidak akan menimbulkan dampak negatif layaknya rokok biasa. Apakah hal ini benar?

Pemahaman lebih jauh mengenai apa itu rokok elektrik  atau rokok elektronik, dapat anda baca dibawah ini :
Rokok Elektronik (Elecronic Nicotine Delivery Systems atau e-Cigarette) adalah sebuah inovasi dari bentuk rokok konvensional menjadi rokok modern. Rokok elektronik pertama kali dikembangkan pada tahun 2003 oleh SBT Co Ltd, sebuah perusahaan yang berbasis Beijing, RRC, yang sekarang dikuasai oleh Golden Dragon Group Ltd Pada tahun 2004, Ruyan mengambil alih proyek untuk mengembangkan teknologi yang muncul. Diserap secara resmi Ruyan SBT Co Ltd dan nama mereka diubah menjadi SBT RUYAN Technology & Development Co, Ltd. (sumber : wikipedia)

Katanya sih rokok elektrik ini lebih sehat dan juga lebih ramah terhadap lingkungan. Masih ada lagi? masih, yaitu rokok ini lebih irit daripada rokok biasa. Kenapa? karena bisa diisi ulang. Tidak mengeluarkan asap dan tidak memiliki bau.

Memang rokok elektrik ini memberikan sebuah terobosan baru, yakni tidak membakar tembakau layaknya rokok biasa. Lalu bagaimana bisa jika tidak membakar tembakau? jawabnya adalah karena rokok elektrik ini menggunakan perangkat baterai untuk membakar semacam cairan. Jadi, tembakau digantikan oleh cairan. Prosesnya sendiri cukup simpel, ketika sang perokok menghisapnya, maka akan terjadi pembakaran cairan dan uapnya akan masuk kedalam paru-paru sang perokok.

Dengan seabrek keterangan dan label yang ada pada rokok elektrik, apakah anda juga mau langsung menelan mentah-mentah begitu saja semua informasi tersebut? lebih baik anda juga mencari informasi apakah bahayanya dari rokok elktrik ini. Ternyata, memang ada bahayanya!

Jangan dulu buru-buru anda mengklaim bahwa rokok elektrik aman 100%. Ternyata tidak! WHO sendiri, sebagai sebuah organisasi kesehatan dunia, memberikan pernyataan bahwa rokok elektrik memang berbahaya. WHO tidak setuju mengenai klaim berbagai keunggulan rokok elektrik. Jika anda merasa penasaran seperti apa bahayanya silahkan anda lihat beberapa poin kandungan berbahaya yang ada pada rokok elektrik berikut ini!

- Dalam rokok elektrik ditemukan terkandung dietilen glikol dan juga nitrosamiin
- Rokok elektrik banyak mengandung kromonium dan nikel dalam jumlah yang cukup tinggi
- Ditemukan adanya logam berat. Sebuah penelitian yang diadakan di Amerika, menghasilkan sebuah bukti bahwa rokok elektrik ditemukan racun pada uap yang dihisap.
- Ditemukan juga adanya kandungan seng dan timah dalam uap nya.
- Sangat beresiko buruk terhadap kesehatan paru-paru. Pasalnya, dalam asap rokok elektrik, dapat menimbulkan aerosol.
- dll

Dari beberapa poin diatas, tentu saja mendengarnya saja sudah bergidik ngeri, jadi sudah jelas memang tidak 100% rokok elektrik itu aman dan sehat. Ternyata masih saja ada kadar bahaya yang setiap saat mengintai para penggunannya.

Lalu, bila masih saja ada yang nekad memakai rokok elektrik, tentu harus siap dengan berbagai macam resiko yang juga tidak main-main. Sama saja masih mau merusak kesehatan mereka sendiri. Hal ini memang sangat perlu untuk diperhatikan. Apa saja efek buruk / efek samping jika menggunakan rokok elektrik? penasaran? coba anda baca yang berikut ini!

Efek samping penggunaan rokok elektrik
- Kecanduan. Apakah rokok elektrik bisa menimbulkan efek kecanduan? iya, ternyata sama saja. Baik itu rokok biasa atau rokok elektrik, tetap akan menimbulkan efek kecanduan.
- Paru-paru dan sistem pernafasan akan terganggu. Sudah jelas, bagaimanapun juga merokok tetaplah merokok. Bagaimanapun modelnya, akan tetap memberikan efek berbahaya terhadap paru-paru dan pernafasan.

- Kanker. Benarkah kanker bisa ditimbulkan dari rokok elektrik? iya, hal ini memang benar adanya. Pasalnya, dalam rokok elektrik ada semacam kandungan karsinogenik. Nah, kandungan karsinogenik inilah yang nantinya bakal menjadi pemicu timbulnya kanker. Mengerikan bukan? iya, memang mengerikan!
- Ada fakta bahwa pada beberapa merk rokok elektrik, ditemukan adanya kandungan formslin dan asetaldehida.
- Sama halnya dengan rokok konvensional / rokok biasa, terus-terusan menghisap asapnya juga akan membahayakan kesehatan secara keseluruhan. Jadi, bisa dikatakan apapun rokoknya, tetap saja merusak kesehatan. Beanr begitu bukan?

Dari rangkuman singkat mengenai bahaya rokok elektrik terhadap kesehatan diatas, tentunya jika memang serius dan mencoba merenungkan lebih jauh, anda akan dapat dengan mudah memahami dan sadar bahwasanya rokok tetaplah rokok, tidak banyak berbeda dan tetap saja beresiko merusak kesehatan. Jadi, jika saat ini anda masih bertahan kekeh untuk tetap menjadi pengguna "rokok modern" ini, sepertinya anda harus berpikir ulang.

Jika anda ingin berhenti merokok, ya berhenti saja. Tekadkan bulat dalam hati bahwa apa yang anda lakukan ini adalah hal yang sangat sia-sia belaka dan menimbulkan berbagai macam kerugian. Kesehatan jadi rusak dan tentu saja harus keluar duit untuk membeli rokok. Bukankah kesehatan adalah yang utama? betapa mahalnya biaya berobat ke rumah sakit. Coba anda bayangkan betapa sedihnya istri, anak dan keluarga anda bila anda sakit hanya gara-gara mengikuti keinginan merokok anda. Belum lagi, akibat yang harus ditanggung oleh perokok pasif di sekitar anda. Tidak menutup kemungkinan orang-orang tercinta didekat anda bisa menjadi korban kegananasan asap rokok.

Kami punya beberapa tips ampuh untuk bisa menghentikan kebiasaan buruk merokok. Apakah anda ingin mencobanya? silahkan anda baca kumpulan tips berhenti merokok disini. Sekian dan terima kasih, semoga bermanfaat. Kesehatan mahal harganya, jadi mengapa masih ingin merusaknya? jauhi rokok sekarang juga!
Load disqus comments

0 komentar