Cara Cek Nomor HP Sendiri GSM dan CDMA Semua Operator Lengkap

Cara Cek Nomor HP Sendiri - Saat ini handphone sudah menjadi kebutuhan yang pokok. Fungsinya yang sangat penting untuk berkomunikasi, memang membawa handphone menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam keseharian. Setiap handphone akan dapat berfungsi untuk berkomunikasi dan fasilitas lainnya apabila ada kartu SIM (SIM Card). Tanpa SIM Card, tentunya belum sempurna sepenuhnya. Setiap SIM Card akan memiliki beberapa digit angka yang biasa disebut oleh masyarakat awam dengan sebutan "nomor HP". Seperti kita ketahui, di Indonesia ada beberapa operator yang sudah begitu terkenal dan banyak digunakan seperti Telkomsel, XL, Indosat, 3 (Tri), Axis, Flexi dan lain-lain. Ada dua varian jenis kartu yaitu GSM dan CDMA.

Setiap musibah datangnya memang tidak bisa diduga. Salah satunya yang terkait dengan nomor HP adalah tidak tahu atau lupa dengan nomor HP sendiri. Ini dapat saja terjadi, mana kala lupa belum mencatat nomornya dan bungkus kartu pada saat membeli, telah dibuang atau hilang. Kalau sudah begini, seringkali akan merasa kebingungan ketika ada yang menanyakan perihal berapa nomor HP.

Untuk mengantisipasi kejadian semacam inilah, masing-masing operator memberikan kode unik yang memang difungsikan untuk dapat mengetahui atau mengecek nomor sendiri. Ini terbukti sangat membantu para pelanggan dikala ingin mengetahui berapa nomor HP yang mereka miliki.

Sebenarnya ada beberapa alternatif yang juga bisa digunakan sebagai cara cek nomor hp sendiri. Coba anda menelepon nomor lain, misal teman atau siapa saja terserah dan suruhlah dia memberi tahu nomor anda. SMS juga bisa dipakai sebagai sarana melihat atau mengetahui nomor sendiri. Cobalah kirim SMS ke nomor lain dan lihat dibagian nomor pengirim. Pasti akan ketemu jawabnya! Namun, cara ini memang membutuhkan adanya pulsa, jadi kalau tidak ada pulsa anda tidak akan dapat menggunakan cara ini.

cara cek nomor hp sendiri

Namun bagi anda yang memang menginginkan cara yang telah diberikan oleh masing-masing operator dan tidak membutuhkan pulsa alias gratis untuk mengecek nomor handphone anda, tidak perlu khawatir, karena berikut ini adalah list kode yang dapat anda gunakan untuk mengecek nomor anda. Setiap operator tidaklah sama, jadi anda harus menggunakan kode sesuai operator kartu yang anda gunakan. Silahkan disimak baik-baik!

Cara Cek Nomor Hp Sendiri :

Kartu GSM :

Telkomsel ( Simpati & AS )
  • Silahkan tekan kode ini di HP anda : *808#
  • Silahkan tekan tombol Yes / Call
Tri ( 3 )
  • Silahkan tekan kode ini di HP anda : *998#
  • Silahkan tekan tombol Yes / Call
XL
  • Silahkan tekan kode ini di HP anda : *123*7*3*1*1# atau *123*22*1*1#
  • Silahkan tekan tombol Yes / Call
Indosat ( IM3 & Mentari )
  • Silahkan Tekan kode ini di HP anda :*123*30#
  • Silahkan tekan tombol Yes / Call
Axis
  • Silahkan tekan kode ini di HP anda : *#2#
Kartu CDMA :

Smartfren
  • Silahkan tekan kode ini di HP anda : *995#
  • Silahkan tekan tombol Yes /Call
Flexi
  • Silahkan cek melalui SMS dengan cara ketik INFO kemudian kirimkan ke 678
Smart
  • Silahkan tekan kode ini di HP anda : *551#
  • Silahkan tekan tombol Yes / Call
Fren
  • Silahkan cek melalui SMS dengan cara ketik STATUS kemudian kirimkan ke 551
Bagi anda pengguna kartu CDMA, anda dapat mengecek nomor CDMA anda dengan cara alternatif berikut ini. Namun perlu anda ingat ya, Smartfren tidak bisa menggunakan cara ini. Seperti apa dan bagaimana caranya? silahkan anda amati baik-baik dan jangan sampai salah dalam menginput data / kodenya.

Cara Alternatif Cek Nomor HP CDMA ( Esia, Flexi, Fren, Smart, StarOne )
Sebelum menggunakan cara ini, pastikan dulu anda siapkan Handphone Nokia CDMA Unlocked ( maksud dari CDMA Unlocked adalah dapat dipakai untuk semua kartu CDMA ). Karena hanya dengan HP jenis ini anda akan dapat menggunakan cara alternatif ini. Jika HP sudah ada, silahkan ikuti langkah-langkah seperti dibawah ini :

Langkah-langkah :
  • Pada menu Standby, tekanlah kode ini : *3001#12345#
  • Pilihlah NAM1
  • Pilihlah MOBILE ID Number  / Own Number ( MDN )
  • Nomor anda akan segera ditampilkan
*catatan : 12345 merupakan kode pengaman standar HP Nokia
Seharusnya, setelah anda mengetahui berbagai cara diatas, anda sudah dapat segera tahu sebenarnya berapa nomor HP anda. Tinggal anda praktekkan saja prosedur pengecekan nomor HP diatas.

Oh iya, bagi anda yang merupakan pelanggan setia Smartfren, tentunya anda tidak akan mau ketinggalan informasi ataupun layanan terbaru dari mereka bukan? Sudahkan anda menggunakan layanan Paket Smartplan Smartfren? Jika anda ingin mengetahui lebih jauh lagi mengenai seperti apa layanan paket Smartplan Smartfren dan bagaimana cara berlangganannya, silahkan saja anda baca informasi berikut ini :
Setelah semuanya tersaji dengan lengkap mengenai Cara Mengetahui Nomor Hp Sendiri semua operator diatas, kami rasa akan kami cukupkan sekian saja dan semoga informasi ini dapat memberikan manfaat bagi anda semua. Segera saja dipraktekkan dan semoga berhasil!
Load disqus comments

0 komentar