Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Dengan Membaca Buku

Buku sudah dikenal sejak lama dan menjadi gudang ilmu yang luar biasa. Penggunaan buku dalam dunia pendidikan memang begitu penting, tak terkecuali dalam hal meningkatkan kemampuan bahasa inggris. Membaca buku yang menggunakan bahasa inggris bisa menunjang kemahiran berbahasa inggris.

Baca buku apa saja yang Anda sukai, yang penting teksnya menggunakan bahasa inggris. Rajin membaca buku memang bisa memberikan keuntungan yang luar biasa untuk menambah wawasan/ilmu. Banyak jenis buku yang dapat dijadikan pilihan, tergantung Anda suka tentang apa, tinggal disesuaikan sendiri.

membaca buku bahasa inggris

Membaca dengan rutin dengan memahami satu demi satu kata yang tertulis di buku. Jika belum paham artinya, catat dan cari terjemahannya, baik itu menggunakan bantuan kamus atau google translate. Jika terus diterapkan membaca buku berbahasa inggris secara rutin, tak akan mustahil kemampuan bahasa inggris anda akan meningkat pesat.

Tak ada yang tak mungkin di dunia ini, asalkan membulatkan niat dan tekad yang kuat, dibarengi dengan kerja keras dan cerdas, jangankan bahasa inggris, bahasa lain pun akan dapat Anda kuasai.

Tips Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dengan Membaca Buku

1. Cari buku dengan topik yang anda sukai 
Langkah pertama agar Anda betah dan nyaman saat membaca buku berbahasa inggris adalah dengan memilih tema/jenis buku mengenai hal yang anda sukai. Dengan membaca mengenai sesuatu yang Anda suka, dijamin tidak akan cepat merasa bosan.

Silahkan saja dipilah, sekiranya topik apa yang memang benar-benar Anda minati dan kemudian silahkan hunting bukunya. Dengan basic topik yang anda gemari, maka membaca jadi lebih asyik dan tak akan terasa Anda akan tanpa sadar mencari arti dari kata-kata yang sekiranya belum Anda pahami.

2. Catat dan cari artinya 
Selama proses membaca buku berbahasa inggris, tentu saja Anda akan banyak menemukan kata yang belum Anda ketahui artinya.

Solusi cerdasnya adalah dengan mencatat kata-kata "asing" tersebut dan kemudian Anda cari artinya di kamus/terjemahan seperti google translate.

Dengan teknik ini, lambat laun Anda akan semakin menguasai banyak kata dan lebih mudah memahami isi dari sebuah buku berbahasa inggris.

3. Ulangi, lagi dan lagi 
Jangan enggan untuk mengulang membaca kalimat yang sekiranya belum Anda pahami maksudnya dalam sekali baca. Ulangi, kata per kata, dengan pelan-pelan saja tak usah terburu-buru. Makin anda mengulangnya, maka Anda akan semakin memahami apa sebenarnya arti/maknanya.

Pengulangan yang baik dan dibarengi dengan ketelitian, kesabaran dan kerja keras, maka dari hari ke hari kemampuan membaca, menulis dan memahami kata/kalimat bahasa inggris akan semakin sempurna.

Baca juga : Keuntungan bisa bahasa inggris

Demikian saja sedikit tips bagaimana cara meningkatkan kemampuan bahasa inggris dengan membaca buku. Terdengar simpel, namun jika diterapkan secara rutin, maka tanpa anda sadari anda sudah jauh lebih mahir dari hari ke hari. Silahkan dicoba saja ya! Budayakan membaca untuk memperkaya wawasan dan untuk masa depan yang lebih baik!
Load disqus comments

0 komentar